Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA STRATEGI KOPING DENGAN KECENDERUNGAN BURNOUT AKADEMIK SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Ahlina, Fildza Ghaisani Nur and Dewi, Kartika Sari (2022) HUBUNGAN ANTARA STRATEGI KOPING DENGAN KECENDERUNGAN BURNOUT AKADEMIK SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi koping dengan kecenderungan burnout akademik saat pembelajaran daring pada mahasiswa. Strategi koping adalah kemampuan mahasiswa dalam berfikir, bersikap, dan bertindak untuk memecahkan masalah atau tekanan. Kecenderungan Burnout Akademik adalah kecenderungan dalam mengalami kelelahan, memiliki sikap sinis, dan perasaan tidak kompeten dalam perkuliahan. Adapun populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Subjek penelitian sebanyak 293 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Strategi Koping (17 aitem, α = 0,836) dan Skala Burnout Akademik (12 aitem, α = 0,873). Pengolahan data menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22.0. Dari hasil analisis korelasi Spearman’s Rho diperoleh hasil (rs = -0,533) dengan p=0,000 (p<0,05), yang berarti adanya hubungan. Semakin baik strategi koping yang dimiliki mahasiswa, maka semakin rendah kecenderungan burnout akademik, dan sebaliknya. Mayoritas mahasiswa menggunakan strategi koping yang baik untuk merespon stres sehingga kecenderungan mengalami burnout akademiknya rendah. Sumbangan efektif strategi koping terhadap kecenderungan burnout akademik sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:22
Last Modified: 02 Feb 2024 08:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item