Lestari, Desy Kurnia and Widayanti, Costrie Ganes (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN GURU DENGAN KETERLIBATAN SISWA MTSN 8 SRAGEN DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Undip.
Text
Abstrak_Desy Kurnia_049.pdf Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan guru dengan keterlibatan siswa. Hipotesis yang diajukan adalah dukungan guru dapat berpengaruh terhadap keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pengisian skala. Partisipan dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII dan VIII MTsN 8 Sragen sebanyak156 siswa (82 perempuan dan 74 laki-laki) yang diperoleh dengan cluster random sampling. Instrument untuk pengambilan data adalah Skala Dukungan Guru (17 aitem, α= 0,778) dan Skala Keterlibatan Siswa (19 aitem α = 0,825). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji Spearman-Rank dengan dibantu SPSS versi 26.0. Hasil menunjukkan hipotesis diterima dan menunjukkan nilai koefisien rho = 0.445 dengan signifikansi p= 0,000 (p<0,05). Hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan guru dengan keterlibatan siswa. Hubungan tersebut mempunyai arah yang positif yang berarti semakin tinggi dukungan yang diberikan guru maka semakin tinggi keterlibatan yang ditunjukkan oleh siswa. Hasil penelitian dapat dijadikan masukan bagi guru untuk membuat variasi metode pembelajaran sehingga siswa lebih antusias.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:35 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:35 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9769 |
Actions (login required)
View Item |