Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK TERHADAP AUTO DEBIT REKENING AKIBAT PEMASARAN ASURANSI MELALUI TELEMARKETING. - 025 DG 2021

Ginting, Lambretta Hervyn Aeghea and Njatrijani, Rinitami and Lestari, Sartika Nanda (2021) PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK TERHADAP AUTO DEBIT REKENING AKIBAT PEMASARAN ASURANSI MELALUI TELEMARKETING. - 025 DG 2021. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-cover.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-cover.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-abstrak.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 1.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 2.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 3.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 4.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 5.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-dapus.pdf] Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-dapus.pdf

Download (107kB)

Abstract

Perusahaan asuransi mengalami inovasi dalam memasarkan produk yaitu dengan metode telemarketing. Namun banyak aduan dari masyarakat karena dengan metode ini rawan terjadi kekhilafan konsumen dalam memberikan persetujuan pengikatan terhadap perjanjian asuransi, sedangkan setelah terjadi pemasaran melalui metode telemarketing tersebut premi akan dibayarkan dengan sistem auto debit. Perlu diteliti bagaimanakah perlindungan hukum nasabah terhadap auto debit rekening akibat pemasaran asuransi melalui telemarketing dan upaya hukum yang dapat ditempuh oleh nasabah yang dirugikan dengan adanya transaksi tersebut. Penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara dengan Supervisor Telemarketing PT BNI Life Insurance Cabang Dr. Cipto Semarang. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan POJK Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan belum mengatur secara khusus perlindungan konsumen terhadap transaksi asuransi melalui telemarketing. PT BNI Life Insurance menyediakan fasilitas pengaduan bagi konsumen yang mengalami kerugian. Apabila tidak tercapai kesepakatan melalui penyelesaian sengketa melalui pengaduan, konsumen bisa melakukan penyelesaian sengketa di luar pengadilan atau melalui pengadilan
Kata kunci: Telemarketing, Auto Debit, Perlindungan Hukum, Asuransi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Telemarketing, Auto Debit, Perlindungan Hukum, Asuransi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:26
Last Modified: 14 Feb 2025 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9748

Actions (login required)

View Item View Item