Ginting, Lambretta Hervyn Aeghea and Njatrijani, Rinitami and Lestari, Sartika Nanda (2021) PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK TERHADAP AUTO DEBIT REKENING AKIBAT PEMASARAN ASURANSI MELALUI TELEMARKETING. - 025 DG 2021. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-cover.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-abstrak.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
![]() |
Text
Lambretta Hervyn Aeghea Ginting-dapus.pdf Download (107kB) |
Abstract
Perusahaan asuransi mengalami inovasi dalam memasarkan produk yaitu dengan metode telemarketing. Namun banyak aduan dari masyarakat karena dengan metode ini rawan terjadi kekhilafan konsumen dalam memberikan persetujuan pengikatan terhadap perjanjian asuransi, sedangkan setelah terjadi pemasaran melalui metode telemarketing tersebut premi akan dibayarkan dengan sistem auto debit. Perlu diteliti bagaimanakah perlindungan hukum nasabah terhadap auto debit rekening akibat pemasaran asuransi melalui telemarketing dan upaya hukum yang dapat ditempuh oleh nasabah yang dirugikan dengan adanya transaksi tersebut. Penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara dengan Supervisor Telemarketing PT BNI Life Insurance Cabang Dr. Cipto Semarang. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan POJK Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan belum mengatur secara khusus perlindungan konsumen terhadap transaksi asuransi melalui telemarketing. PT BNI Life Insurance menyediakan fasilitas pengaduan bagi konsumen yang mengalami kerugian. Apabila tidak tercapai kesepakatan melalui penyelesaian sengketa melalui pengaduan, konsumen bisa melakukan penyelesaian sengketa di luar pengadilan atau melalui pengadilan
Kata kunci: Telemarketing, Auto Debit, Perlindungan Hukum, Asuransi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Telemarketing, Auto Debit, Perlindungan Hukum, Asuransi |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Mr Perpus FH1 |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 03:26 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 03:26 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |