Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERAN CLUB PECINTA BUKU (CPB) DALAM PROMOSI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus pada MAN 1 Sragen)

Yulianingtyas, Reinasha Hany and Krismayani, Ika (2019) ANALISIS PERAN CLUB PECINTA BUKU (CPB) DALAM PROMOSI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus pada MAN 1 Sragen). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER JUDUL.pdf

Download (93kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Reinasha Hany Y - 13040113120051.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran Club Pecinta Buku (CPB) dalam promosi perpustakaan MAN 1 Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Club Pecinta Buku (CPB) dalam promosi perpustakaan MAN 1 Sragen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan Studi Kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartisipan, dokumentasi, dan wawancara dengan informan ditentukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian didasarkan pada konsep bauran promosi menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh pengelola dan anggota CPB sebagian besar sudah berjalan dengan baik. Personal selling dilakukan oleh pengelola perpustakaan dan anggota CPB dilakukan pada saat Masa Orientasi Siswa dan acara bedah buku yang rutin dilakukan setahun sekali. Pengelola dan anggota CPB telah melaksanakan dengan baik kegiatan promosi mass selling melalui media cetak; brosur, pamflet, dan banner. Sedangkan dalam bentuk media elekronik berupa website sekolah yang berisi artikel mengenai kegiatan agenda sekolah. Sales Promotion dilakukan dengan menawarkan jasa penelusuran informasi dan pemberian reward kepada pengguna dengan kategori tertentu dengan tujuan merangsang dan menarik lebih banyak pengunjung perpustakaan. Public Relation dilakukan dengan membangun kerjasama dengan instansi tertentu, melakukan studi observasi di Perguruan Tinggi serta membuat suatu acara yang memunculkan citra baik perpustakaan di mata masyarakat. Direct marketing belum berjalan dengan baik. Pihak pengelola dan anggota CPB tidak melakukan pengembangan promosi direct marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Mr sugeng priyanto
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:25
Last Modified: 03 Nov 2022 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9613

Actions (login required)

View Item View Item