Search for collections on Undip Repository

KEGAGALAN INOVASI DAERAH DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS : INOVASI APLIKASI i-JUS MELON DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA SEMARANG ) / 07/PEM/2020

Hanintya, Anggita Putri and Manar, Dzunuwanus Ghulam (2020) KEGAGALAN INOVASI DAERAH DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS : INOVASI APLIKASI i-JUS MELON DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA SEMARANG ) / 07/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (666kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (829kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Program Perijinan Usaha Mikro dan Kecil berbasis teknologi dan informasi pada aplikasi “iJus Melon” merupakan suatu program yang memberikan kemudahan pada masyarakat dengan mengakses aplikasi “iJus Melon” untuk mendapatkan legalitas izin usaha mikro dan kecil. Pelaku usaha mikro dan kecil yang telah terdaftar perizinannya dalam database Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang akan mendapatkan fasilitas dukungan usaha dari Pemerintah Kota Semarang, namun tidak sedikit di antara upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang untuk mengatasi permasalahan yang terkendala oleh beberapa faktor mengalami kegagalan dalam menerapkan inovasi pelayanan publik berbasis elektronik. Penelitian ini menggunakan teori Inovasi untuk memperluas cakupan informasi mengenai pelaksanaan inovasi aplikasi “iJus Melon” yang mengalami kegagalan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor ketika inovasi tersebut diwujudkan Pemerintah Kota Semarang sebagai pelayanan publik yang berbasis elektronik. Setelah peneliti melakukan wawancara dan observasi menunjukkan bahwa aplikasi “iJus Melon” yang tidak bisa diakses masyarakat secara online disebabkan karena terdapat mismanagement pada sistem pembuatan aplikasi “iJus Melon” dan tidak diketahui secara transparan bagaimana bentuk kerja samanya hingga akhirnya menimbulkan permasalahan dalam sistem pembuatan aplikasi “iJus Melon”. Kedua, pemilihan istilah nama pada inovasi pelayanan publik yang tidak sesuai dengan substansi yang akan dilakukan sehingga dapat menimbulkan mis perception (kesalahpahaman) dari masyarakat dalam memahami konsep pelayanan publik yang berbasis online tersebut. Ketiga, tidak transparansinya pengelolaan anggaran untuk pelaksanaan inovasi aplikasi “iJus Melon” yang dilakukan oleh pemerintah. Disamping itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul akibat faktor penghambat yaitu ketergantungan berlebihan pada high performer, terhambat penataan organisasi, tidak diberikannya insentif, dan hambatan administratif meskipun dalam pelaksanaannya telah didukung oleh dorongan aktor politik, tekanan ekonomi dan peningkatan pelayanan, ketersediaan teknologi, dan ketersediaan anggaran.
Kata kunci :Kegagalan, Inovasi, Aplikasi “iJus Melon”.
Failure of Regional Innovation in Semarang City (Case Study : Application i-Jus Melon Innovation of Department of Cooperative and SMES in Semarang City)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:27
Last Modified: 31 Oct 2022 02:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9517

Actions (login required)

View Item View Item