Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS TERHADAP PERLINDUNGAN MEREK TERKENAL (Studi Kasus Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 10/Pdt.Sus-Merek/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst.). - 110 DG 2022

NAIBAHO, JEREMIA EZRA DANIEL and Santoso, Budi and Sarono, Agus (2022) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS TERHADAP PERLINDUNGAN MEREK TERKENAL (Studi Kasus Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 10/Pdt.Sus-Merek/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst.). - 110 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of Jeremia Ezra Daniel Naibaho-cover.pdf] Text
Jeremia Ezra Daniel Naibaho-cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Jeremia Ezra Daniel Naibaho-abstrak.pdf] Text
Jeremia Ezra Daniel Naibaho-abstrak.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 1.pdf] Text
Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[thumbnail of Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 2.pdf] Text
Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[thumbnail of Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 3.pdf] Text
Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[thumbnail of Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 4.pdf] Text
Jeremia Ezra Daniel Naibaho-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of Jeremia Ezra Daniel Naibaho-dapus.pdf] Text
Jeremia Ezra Daniel Naibaho-dapus.pdf

Download (325kB)

Abstract

Merek merupakan salah satu instrumen penting yang dipakai oleh produsen untuk memperkenalkan produknya ke tengah pasar, tidak sedikit produsen yang melakukan serangkaian proses promosi secara masif serta investasi yang sifatnya lintas negara guna memperoleh pangsa pasar yang tersebar luas di mancanegara. Sejalan dengan semakin besarnya pasar yang dapat dikuasai oleh produsen, maka merek tersebut dapat memiliki reputasi tinggi hingga dapat dinilai sebagai merek terkenal. Nilai komersil yang tinggi dari merek terkenal dewasa ini sering dimanfaatkan oleh produsen tidak bertanggung jawab tanpa izin, hal tersebut dapat ditandai dengan maraknya sengketa penggunaan merek. Apabila menilik pada Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 10/Pdt.Sus-merek/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst. maka dapat dijumpai bentuk pendaftaran merek atas dasar itikad tidak baik oleh Husein Thamrin, dilihat dari elemen-elemen pokok yang sama dengan merek “Supreme” milik Chapter 4 Corp. Dalam menjawab permasalahan yang ada penulis menggunakan metode Yuridis Normatif pada penelitian ini, dimana metode yang dipakai menggunakan data sekunder terhadap asas hukum dan studi kasus dengan spesifikasi penelitiannya ialah deskriptif analitis. Berdasar pada penelitian yang dilakukan, penulis meyakini bahwa pendaftaran merek “Supreme” oleh Husein Thamrin didasari itikad tidak baik dimana dapat ditemukan persamaan pada pokoknya dengan merek “Supreme” milik Chapter 4 Corp selaku merek terkenal, oleh karena itu dengan mengacu pada hukum nasional Indonesia dan keikutsertaan Indonesia dengan konvensi dan perjanjian internasional yang memuat kaidah-kaidah untuk melakukan perlindungan merek terkenal, maka gugatan pembatalan merek yang diajukan oleh pihak Chapter 4 Corp terhadap Husein Thamrin pada Putusan Nomor 10/Pdt.Sus merek/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst.seyogyanya dikabulkan.
Kata Kunci : Merek, Supreme, Perlindungan Merek Terkenal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Merek, Supreme, Perlindungan Merek Terkenal
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 03 Feb 2025 03:42
Last Modified: 03 Feb 2025 03:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9472

Actions (login required)

View Item View Item