Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Self-Regulated Learning pada Siswa SMK Hidayah Semarang

Susanty, Herlina Dani and Indrawati, Endang Sri (2022) Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Self-Regulated Learning pada Siswa SMK Hidayah Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
repository.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan self-regulated learning pada siswa kelas X dan XI SMK Hidayah Semarang. Self-regulated learning adalah serangkaian tindakan yang diterapkan oleh siswa secara mandiri dalam mempersiapkan lingkungan belajar, mengorganisasi materi, memonitoring kemajuan, dan melakukan evaluasi terhadap proses belajar. Efikasi diri adalah keyakinan individu akan kemampuan yang dimiliki untuk menyelesaikan tugas dan mengatasi hambatan-hambatan yang muncul dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, dengan teknik sampling yaitu cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah 290 siswa, dengan subjek penelitian sebanyak 130 siswa yang berasal dari kelas X dan XI SMK Hidayah Semarang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Efikasi Diri (33 aitem, α = 0,918) dan Skala Self-Regulated Learning (27 aitem, α = 0,912). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan antara efikasi diri dengan self-regulated learning (rxy=0,481; F(1,128)= 38,615; p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti terkait hubungan positif antara efikasi diri dengan self-regulated learning pada siswa kelas X dan XI SMK Hidayah Semarang dapat diterima. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka 0,232 yang berarti bahwa 23,2% variabel self-regulated learning dapat dijelaskan oleh variabel efikasi diri.
Kata kunci: efikasi diri; self-regulated learning; siswa sekolah menengah kejuruan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:18
Last Modified: 02 Feb 2024 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item View Item