Search for collections on Undip Repository

PEMAKNAAN KHALAYAK TERHADAP REPRESENTASI FATHERHOOD DALAM FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI /64/KOM/2021

Fithria, Khoirunnisa Nur and Dwiningtyas, Hapsari and Qurrota Ayun, Primada (2021) PEMAKNAAN KHALAYAK TERHADAP REPRESENTASI FATHERHOOD DALAM FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI /64/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB)

Abstract

Dominasi Ayah dalam lingkup keluarga dan pengasuhan seringkali menimbulkan konflik seperti kekerasan, penindasan, bahkan trauma karena terjadi ketidakseimbangan peran antara Ayah dan Ibu. Isu terkait fatherhood ini juga muncul di film NKCTHI sebagai representasi dari realitas sosial yang dibawa pembuat film. Dengan kajian resepsi, peneliti berfokus pada interaksi antara khalayak generasi Z dengan teks yang muncul di media sehingga muncul gambaran bagaimana media mampu mempengaruhi atau tidak mempengaruhi khalayak dalam mendefinisikan realita sosial terkait fatherhood yang muncul di dalam film. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi pemaknaan khalayak terhadap representasi fatherhood dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini berdasarkan posisi tiga posisi pemaknaan Hall yakni dominant reading, negotiation reading, dan oppositional reading.
Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan teori encoding- decoding Stuart Hall, muted group, serta feminisme radikal libertarian. Terdapat 6 scene yang dipilih untuk melihat pemaknaan, yaitu : (1) Sikap Ayah dalam mengambil keputusan, (2) Komunikasi Ayah dengan pasangan, (3) Upaya proteksi oleh Ayah, (4) Sikap protektif Ayah, (5) Kegiatan domestik yang dilakukan Ayah, (6) Sikap Ayah dalam memberi penjelasan kepada anaknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan khalayak dipengaruhi berbagai macam faktor seperti kondisi keluarga, identitas gender, konsumsi media lain, pengetahuan terkait gender, konteks scene di dalam film, serta pendapat pribadi terkait kondisi sosial masyarakat. Meskipun pemaknaan yang muncul beragam, hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas informan masih berada di posisi dominan. Semua informan pria dan 1 informan wanita lebih banyak berada pada posisi dominan, sedangkan dua informan wanita lainnya lebih banyak berada pada posisi negosiasi dan oposisi. Pemaknaan informan masih terpengaruh dengan nilai-nilai patriarki dan cara berpikir maskulin dalam memaknai fatherhood di dalam film. Meskipun terdapat pula pemikiran feminin dan kesadaran peran gender pada beberapa scene, namun pemaknaan tersebut tidak benar-benar meninggalkan pola pikir patriarki.
Kata Kunci: Pemaknaan Khalayak, Analisis Resepsi, Film NKCTHI, Fatherhood

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:26
Last Modified: 07 Oct 2022 06:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item View Item