Nadia, Tasya and Pradekso, Tandiyo (2021) Hubungan Citra Merek dan Terpaan Brand Ambassador Dengan Keputusan Pembelian Di Blibli /51/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
1. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (725kB) |
|
Text
2. Bab I.pdf - Published Version Download (877kB) |
|
Text
3. Bab II.pdf - Published Version Download (457kB) |
|
Text
4. Bab III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
5. Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
6. Bab V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
7. Dafpus.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text
8. Lampiran.pdf - Published Version Download (269kB) |
Abstract
Menjamurnya jumlah E-commerce yang ada di Indonesia membuat persaingan
dalam kegiatan pemasaran semakin ketat. Blibli adalah salah satu e-commerce yang
terus berusaha untuk menjadi e-commerce pilihan pertama dalam benak konsumen
Indonesia. Meski telah berdiri selama 10 tahun, Blibli hanya menempati posisi
kelima sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung bulanan terbanyak. Agar
dapat merealisasikan visinya, yaitu menjadi “e-commerce nomor satu yang
memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak”, Blibli terus membangun citra yang
baik dan menunjuk brand ambassador terbarunya, yaitu Park Seo Jun. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan citra merek dan terpaan brand
ambassador dengan keputusan pembelian di Blibli.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksplanatori. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah non-probability
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori citra merek menutur Halbheer dan Theory of
Meaning Transfer. Pengujian hipotesis menggunakan Korelasi Pearson dengan
bantuan program SPSS. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi antara
citra merek (X1) dan keputusan pembelian di Blibli (Y) sebesar 0,029 dan nilai
koefisien korelasinya didapatkan sebesar 0,244, nilai tersebut menunjukkan bahwa
terdapat hubungan positif antar variabel. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin
tinggi citra merek Blibli maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian di
Blibli. Sedangkan hasil uji hipotesis untuk varibel terpaan brand ambassador (X2)
dengan variabel keputusan pembelian di Blibli (Y) adalah sebesar 0,005 dan nilai
koefisien korelasi sebesar 0,311. Hal ini menunjukkan bahwa adanya korelasi atau
hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel terpaan brand ambassador
(X2) dengan variabel keputusan pembelian di Blibli (Y).
Kata kunci : Blibli, Citra Merek, Terpan Brand Ambassador, Keputusan
Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 02:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 02:15 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9144 |
Actions (login required)
View Item |