Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TERPAAN IKLAN YOUTUBE DAN TERPAAN INFLUENCER MARKETING DI INSTAGRAM PADA KAMPANYE #EMINABEAUTYBESTIE DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN RANGKAIAN PRODUK EMINA BRIGHT STUFF SERIES / 16/KOM/2021

Harahap, Anggi Tri Muriati and Pradekso, Tandiyo and Santoso, Hedi Pudjo (2021) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN YOUTUBE DAN TERPAAN INFLUENCER MARKETING DI INSTAGRAM PADA KAMPANYE #EMINABEAUTYBESTIE DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN RANGKAIAN PRODUK EMINA BRIGHT STUFF SERIES / 16/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Published Version

Download (882kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (600kB)

Abstract

Emina telah menggencarkan strategi pemasaran berupa kampanye #EminaBeautyBestie untuk mempromosikan rangkaian produk skincare terbarunya, yaitu Emina Bright Stuff Series. Dua bentuk integrated marketing communication (IMC) yang dijalankan oleh Emina dalam mengkampanyekan produk ini adalah dengan beriklan di YouTube dan juga influencer marketing di Instagram. Selama periode pelaksanaan kampanye pemasarannya, beberapa survey nasional menunjukkan bahwa produk Emina Bright Stuff Series tidak menjadi pilihan sebagian besar konsumen dalam menentukan keputusan pembelian produk skincare. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara terpaan iklan YouTube dan terpaan influencer marketing di Instagram pada kampanye #EminaBeautyBestie secara simultan dengan keputusan pembelian rangkaian produk Emina Bright Stuff Series. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Pendekatan Respons Kognitif (Cognitive Response Approach), dengan teknik pengambilan sampel berupanon-probability sampling. Sampel berjumlah 50 orang dengan karakteristik perempuan, berusia 15-25 tahun, serta pernah terkena terpaan iklan YouTube dan influencer marketing di Instagram mengenai kampanye #EminaBeautyBestie dalam tiga bulan terakhir.
Temuan pada penelitian ini menunjukkanbahwa terpaan iklan YouTube dan terpaan influencer marketing di Instagram kampanye #EminaBeautyBestie berada pada tingkat cukup, yang artinya sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang cukup mengenai informasi yang diperoleh melalui dua IMC tersebut. Meskipun demikian, sebagian besar responden memutuskan untuk tidak membeli produk Emina Bright Stuff Series. Hasil uji hipotesis dengan teknik korelasi ganda menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan secara simultan antara terpaan iklan YouTube (X1) dan terpaan influencer marketing di Instagram (X2) pada kampanye #EminaBeautyBestie dengan keputusan pembelian rangkaian produk Emina Bright Stuff Series (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,819. Artinya, tinggi rendahnya tingkat pengetahuan yang dimiliki responden mengenai pesan yang menerpanya melalui kampanye #EminaBeautyBestie tidak berkaitan dengan keputusan responden untuk membeli atau tidak membeli produk Emina Bright Stuff Series.
Kata Kunci: Terpaan Iklan, Terpaan Influencer Marketing, Keputusan Pembelian, Kampanye #EminaBeautyBestie

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:26
Last Modified: 04 Oct 2022 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item