Rahmania, Thriyani and Pradekso, Tandiyo and Qurrota Ayun, Primada (2021) Pengaruh Terpaan Berita Tentang Kebocoran Data Pengguna Tokopedia dan Aktivitas Word of Mouth Terhadap Tingkat Kepercayaan Dalam Menggunakan Tokopedia /03/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (793kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (766kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (811kB) |
Abstract
Maraknya aktivitas jual beli online mendorong terjadinya peningkatan pengaduan mengenai kerugian dalam bertransaksi di e-commerce. Salah satunya adalah kebocoran data pengguna yang terjadi pada Tokopedia. Sejumlah pemberitaan media online yang menjelaskan kasus tersebut pun semakin meluas dan menjadi perbincangan publik. Penilaian yang berasal dari word of mouth cenderung berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan seseorang terhadap sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan berita tentang kebocoran data pengguna Tokopedia dan aktivitas word of mouth terhadap tingkat kepercayaan dalam menggunakan Tokopedia.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori New Media dan Teori Lingkungan Informasi Pembeli. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 orang dengan karateristik laki-laki/ perempuan, usia 17-35 tahun, pengguna Tokopedia, serta pernah melihat, membaca, dan mendengar berita tentang kebocoran data pengguna Tokopedia tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan terpaan berita tentang kebocoran data pengguna Tokopedia (X1) terhadap tingkat kepercayaan dalam menggunakan Tokopedia (Y) diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti sangat signifikan dengan tingkat pengaruh sebesar 48,7%. Selanjutnya, aktivitas word of mouth (X2) terhadap tingkat kepercayaan dalam menggunakan Tokopedia (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,268 yang berarti hasil uji regresi tidak signifikan.
KataKunci : Terpaan Berita, Aktivitas Word of Mouth, Tingkat Kepercayaan, Kebocoran Data PenggunaTokopedia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 02:14 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 02:14 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8874 |
Actions (login required)
View Item |