Search for collections on Undip Repository

STRATEGI TRAX FM SEMARANG DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND ENGAGEMENT DIKALANGAN PENDENGARNYA /46/KOM/2020

Putri, Sarah Indah and Rahardjo, Turnomo (2020) STRATEGI TRAX FM SEMARANG DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND ENGAGEMENT DIKALANGAN PENDENGARNYA /46/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB)

Abstract

Radio sudah mulai terancam gugur akibat ketidakmampuannya mengikuti perkembangan digitalisasi. Di tahun 2019, penetrasi radio menurun pada angka 37,6 persen menjadi 34,3 persen di Semarang. Masyarakat saat ini cenderung menggunakan perangkat digital dan meninggalkan radio untuk memenuhi kebutuhan mereka. Perubahan ini mengakibatkan menurunnya minat masyarakat untuk mendengarkan radio. Namun, ditengah turunnya eksistensi radio, masih ada radio yang aktif siaran dan tetap eksis dikalangan pendengarnya, yaitu Trax FM Semarang yang memiliki brand engagement yang baik dan tetap mempertahankan eksistensinya dikalangan pendengar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Trax FM Semarang dalam mempertahankan brand engagement dikalangan pendengarnya. Penelitian ini merujuk pada paradigma interpretif dengan metode studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan mengumpulkan hasil penelitian dalam bentuk dokumen. Penelitian ini menggunakan Teori Customer Relationship Management. Penelitian ini juga menggunakan konsep Pemrograman Penyiaran Radio dan Brand Engagement.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi yang dilakukan Trax FM Semarang dalam mempertahankan brand engagement-nya antara lain, selalu membuat program penyiaran yang sesuai dan ‘relate’ dengan target marketnya. Dalam mengikuti perkembangan teknologi, Trax FM Semarang selalu aktif dalam membuat konten di media sosial yang dimiliki, mengembangkan akses radio pada website streaming dan mobile application. Untuk hubungannya pada stakeholders eksternal, Trax FM Semarang selalu menjalin hubungan baik dan juga bergerak menjadi Event Organizer sesuai kebutuhan klien maupun untuk kebutuhan Trax FM sendiri.

Kata Kunci : Media Konvensional Radio, Strategi Pemrograman Radio, Strategi Brand Engagement

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:25
Last Modified: 29 Sep 2022 02:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item