Search for collections on Undip Repository

PENGARUH INTENSITAS MEMBACA INFORMASI WEBSITE OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA (OMBUDSMAN.GO.ID) DAN PERSPEKTIF PENYANDANG DISABILITAS DI ROEMAH DIFABEL SEMARANG TERHADAP PEMAHAMAN PENYANDANG DISABILITAS TERKAIT KEBERADAAN OMBUDSMAN SEBAGAI LEMBAGA PENGAWAS PELAYANAN PUBLIK YANG PEDULI PENYANDANG DISABILITAS /21/KOM/2020

Pangastuti, Galuh Gunita and Nugroho, Adi (2020) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA INFORMASI WEBSITE OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA (OMBUDSMAN.GO.ID) DAN PERSPEKTIF PENYANDANG DISABILITAS DI ROEMAH DIFABEL SEMARANG TERHADAP PEMAHAMAN PENYANDANG DISABILITAS TERKAIT KEBERADAAN OMBUDSMAN SEBAGAI LEMBAGA PENGAWAS PELAYANAN PUBLIK YANG PEDULI PENYANDANG DISABILITAS /21/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (283kB)

Abstract

Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelaksanaan pelayanan publik menggunakan website sebagai sarana media informasi. Saat ini jarang sekali dijumpai fasilitas pelayanan public yang ramah bagi penyandang disabilitas, hal ini bisa dilihat dari beberapa pemberitaan dalam media massa online yang memberitakan bahwa penyandang disabilitas kurang mendapatkan perhatian khusus dalam pelayanan public. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif explanatory dan menggunakanteori efek media dan Teory sense making.
Hasil pengujian diperoleh bahwa nilai R Square adalah 0,521 atau 52.1%. Hal ini berarti bahwa 52.1% pemahaman penyandang disabilitas tentang keberadaan Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan public yang peduli penyandang disabilitas dapat dijelaskanoleh intensitas membaca website ombudsman.go.id. Sedangkan sisanya (100%-52.1%= 47.9%) dijelalaskan oleh faktor lain. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa nilai R Square adalah 0,394 atau 39.4 %. Hal ini berarti bahwa 39.4% pemahaman penyandang disabilitas tentang keberadaan Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan public yang peduli penyandang disabilitas dapat dijelaskan oleh intensitas membaca website ombudsman.go.id. Sedangkan sisanya (100%-39.4%= 60.6%) dijelaskan oleh faktor lain. Ini berarti jika intensitas membaca website dan perspektif penyandang disabilitas ditingkatkan bersama-sama kearah positif maka Pemahaman penyandang disabilitas tentang keberadaan Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan public yang peduli penyandang disabilitas dengan Sampel dalam penelitian ini 70 anggota yayasan Roemah Difabel Semarang yang membaca informasi melalui website ombudsman.go.id terkait Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan public yang peduli penyandang disabilitas dan mengetahui fakta pelayanan publik yang tidak sesuai dengan standart bagi penyandang disabilitas. .
Kata Kunci : Intensitas Membaca Website, Perspektif Penyandang Disabilitas, Teori Sense Making, Teori Efek Media, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Sep 2022 05:05
Last Modified: 27 Sep 2022 05:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item