Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Terpaan Iklan Aplikasi HaloDoc dan Terpaan Persuasi Reference Group dengan Minat untuk Menggunakan Aplikasi HaloDoc Sebagai Sarana Konsultasi dengan Dokter /16/KOM/2020

Ramadhan, Badri Ilham and Pradekso, Tandiyo (2020) Hubungan Antara Terpaan Iklan Aplikasi HaloDoc dan Terpaan Persuasi Reference Group dengan Minat untuk Menggunakan Aplikasi HaloDoc Sebagai Sarana Konsultasi dengan Dokter /16/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text
Bab 1 .pdf - Published Version

Download (850kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas tingkat layanan penggunaan telemedicine di
Indonesia yaitu HaloDoc. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat apakah
terdapat hubungan antara terpaan iklan aplikasi HaloDoc dan terpaan persuasi
Reference Group terhadap minat konsumen dalam penggunaan aplikasi HaloDoc
sebagai sarana konsultasi dengan dokter. Teori Advertising Exposure dan teori
Reference Group digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dalam
penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah Pria dan Wanita berusia 29-49
tahun yang pernah mendapatkan terpaan iklan aplikasi HaloDoc maupun terpaan
persuasi reference group. Teknik pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden.

Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini yaitu
koefisien korelasi Kendall’s tau b. Pengolahan data menggunakan program
Statistical Package for Social Science (SPSS) 16.0 Version. Hasil uji hipotesis
antara terpaan iklan HaloDoc (X1) dengan minat menggunakan aplikasi HaloDoc
(Y) dihasilkan nilai signifikasi sebesar 0,024 < 0,05 dengan nilai koefisien 0,236.
Sedangkan hasil uji hipotesis antara terpaan persuasi Reference Group (X2) dengan
minat menggunakan aplikasi HaloDoc (Y) dihasilkan nilai signifikasi 0,000 < 0,01
dengan nilai koefisien 0,371.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara terpaan iklan
aplikasi HaloDoc dan terpaan persuasi Reference Group terhadap minat untuk
menggunakan aplikasi HaloDoc sebagai sarana konsultasi dengan dokter, sehingga
kedua hipotesis dapat diterima. Sehinga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi
terpaan Iklan aplikasi HaloDoc dan terpaan persuasi Reference Group maka akan
semakin tinggi minat konsumen menggunakan aplikasi HaloDoc.

Kata kunci : Terpaan Iklan, Reference Group, Aplikasi HaloDoc

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:55
Last Modified: 27 Sep 2022 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item