Ramadhan, Badri Ilham and Pradekso, Tandiyo (2020) Hubungan Antara Terpaan Iklan Aplikasi HaloDoc dan Terpaan Persuasi Reference Group dengan Minat untuk Menggunakan Aplikasi HaloDoc Sebagai Sarana Konsultasi dengan Dokter /16/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini didasarkan atas tingkat layanan penggunaan telemedicine di
Indonesia yaitu HaloDoc. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat apakah
terdapat hubungan antara terpaan iklan aplikasi HaloDoc dan terpaan persuasi
Reference Group terhadap minat konsumen dalam penggunaan aplikasi HaloDoc
sebagai sarana konsultasi dengan dokter. Teori Advertising Exposure dan teori
Reference Group digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dalam
penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah Pria dan Wanita berusia 29-49
tahun yang pernah mendapatkan terpaan iklan aplikasi HaloDoc maupun terpaan
persuasi reference group. Teknik pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden.
Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini yaitu
koefisien korelasi Kendall’s tau b. Pengolahan data menggunakan program
Statistical Package for Social Science (SPSS) 16.0 Version. Hasil uji hipotesis
antara terpaan iklan HaloDoc (X1) dengan minat menggunakan aplikasi HaloDoc
(Y) dihasilkan nilai signifikasi sebesar 0,024 < 0,05 dengan nilai koefisien 0,236.
Sedangkan hasil uji hipotesis antara terpaan persuasi Reference Group (X2) dengan
minat menggunakan aplikasi HaloDoc (Y) dihasilkan nilai signifikasi 0,000 < 0,01
dengan nilai koefisien 0,371.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara terpaan iklan
aplikasi HaloDoc dan terpaan persuasi Reference Group terhadap minat untuk
menggunakan aplikasi HaloDoc sebagai sarana konsultasi dengan dokter, sehingga
kedua hipotesis dapat diterima. Sehinga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi
terpaan Iklan aplikasi HaloDoc dan terpaan persuasi Reference Group maka akan
semakin tinggi minat konsumen menggunakan aplikasi HaloDoc.
Kata kunci : Terpaan Iklan, Reference Group, Aplikasi HaloDoc
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 03:55 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 03:55 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8720 |
Actions (login required)
View Item |