Search for collections on Undip Repository

Hubungan Intensitas Penggunaan Media Online dan Citra Merek dengan Loyalitas Konsumen Koran Suara Merdeka /12/KOM/2020

Regita, Anggun Puspa and Setyabudi, Djoko (2020) Hubungan Intensitas Penggunaan Media Online dan Citra Merek dengan Loyalitas Konsumen Koran Suara Merdeka /12/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (756kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan pembaca koran secara signifikan menurut hasil Survei Media Index2015 dan turunnya secara kontinu penjualan koran Suara Merdeka di Kota Semarang pada tahun 2010 hingga tahun 2018, kondisi tersebut tidak selaras dengan koran Suara Merdeka yang masih dianggap sebagai sumber informasi yang kredibel sehingga masih memiliki banyak pembaca setia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Intensitas Penggunaan Media Online dan Citra Merek dengan Loyalitas Konsumen koran Suara Merdeka. Teori yang digunakan adalah Dependency Theory untuk mendukung hubungan intensitas penggunaan media online dan Teori Pembelajaran Konsumen untuk mendukung citra merek dengan loyalitas konsumen koran Suara Merdeka. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Semarang yang berlangganan koran Suara Merdeka. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS dengan uji korelasi Kendall’s Tahu-b.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki loyalitas konsumen yang rendah. Namun dari uji hipotesis diperoleh hasil bahwa intensitas penggunaan media online (X1) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan loyalitas konsumen koran Suara Merdeka (Y) yang ditunjukkan dari nilai signifikansi >0,05 yaitu 0,295 sehingga hipotesis pertama ditolak. Kemudian uji hipotesis kedua diperoleh bahwa citra merek (X2) memiliki hubungan yang signifikan dengan loyalitas konsumen koran Suara Merdeka (Y) karena hasil uji menunjukkan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,028 sehingga hipotesis kedua diterima. Maka sepatutnya pemasar koran Suara Merdeka memfokuskan diri pada peningkatan citra merek. Karena dari hasil penelitian, terbukti bahwa adanya citra merek yang tinggi akan mempengaruhi loyalitas konsumen. Pada penelitian selanjutnya diharapkan mengkaji lebih mengenai berbagai faktor lain yang dapat memengaruhi loyalitas konsumen koran Suara Merdeka.

Kata Kunci : Intensitas, citra merek, loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:10
Last Modified: 27 Sep 2022 03:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8713

Actions (login required)

View Item View Item