JUSTICE, RONALD and Suprapti, Atiek and Sudarwanto, Budi (2021) PENGARUH ELEMEN INTERIOR STUDIO ANIMAXX TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SMK N 11 SEMARANG. Masters thesis, Undip.
Text
Cover.docx - Submitted Version Download (51kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx - Submitted Version Download (171kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx - Submitted Version Download (12kB) |
|
Text
BAB I.docx - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
BAB II.docx - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.docx - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Pendidikan yang dinamis harus dapat mengikuti kemajuan zaman yang terus berkembang. Tuntutan keterampilan abad 21 berdampak pada peningkatan mutu pendidikan kejuruan melalui inovasi sarana dan prasarana pendidikan yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut sekolah berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penataan elemen interior ruang pembelajaran. Desain interior studio Animaxx menampilkan suasana ruang pembelajaran yang berbeda dengan ruang kelas konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan elemen interior studio Animaxx ditinjau dari aspek pencahayaan, warna, bentuk, dan material dan mengetahui pengaruh elemen interior terhadap proses pembelajaran yang dilihat dari motif, afektif, dan ketercapaian pembelajaran. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data melalui pengumpulan kuesioner. Dikuatkan dengan teknik wawancara, studi literatur dan observasi langsung ke obyek penelitian. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis melalui analisis regresi. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian adanya pengaruh persepsi pengguna terhadap elemen interior studio Animaxx berpengaruh terhadap motif, dengan model regresi Y1 = -4,923 + 1,051X, dengan thitung = thitung = 17,406 > ttabel = 1,98. Persepsi pengguna terhadap elemen interior studio Animaxx berpengaruh terhadap afektif dengan model regresi Y2 = 9,139 + 0,870X, dengan thitung = 11,928 > ttabel = 1,98. Motif dan afektif secara simultan berpengaruh terhadap ketercapaian pembelajaran, dengan model regresi, Z = 2,898 + 0,059Y1 + 0,865Y2, dengan nilai Fhitung = 210,181 > Ftabel = 3,07. Sehingga disimpulkan ada pengaruh signifikan antara elemen interior studio Animaxx terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat mendukung penelitian selanjutnya dalam mengkaji seberapa jauh peranan desain interior ruang pembelajaran terhadap keberhasilan pembangunan berkelanjutan dalam mewujudkan pendidikan kejuruan yang berkualitas.
Kata kunci: elemen interior; proses pembelajaran; studio Animaxx.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Master Program in Architecture |
Depositing User: | Magister Arsitektur |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 01:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 01:38 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8702 |
Actions (login required)
View Item |