Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ELEMEN INTERIOR STUDIO ANIMAXX TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SMK N 11 SEMARANG

JUSTICE, RONALD and Suprapti, Atiek and Sudarwanto, Budi (2021) PENGARUH ELEMEN INTERIOR STUDIO ANIMAXX TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SMK N 11 SEMARANG. Masters thesis, Undip.

[thumbnail of Cover.docx] Text
Cover.docx - Submitted Version

Download (51kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.docx] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx - Submitted Version

Download (171kB)
[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx - Submitted Version

Download (12kB)
[thumbnail of BAB I.docx] Text
BAB I.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[thumbnail of BAB II.docx] Text
BAB II.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.docx] Text
BAB III.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Pendidikan yang dinamis harus dapat mengikuti kemajuan zaman yang terus berkembang. Tuntutan keterampilan abad 21 berdampak pada peningkatan mutu pendidikan kejuruan melalui inovasi sarana dan prasarana pendidikan yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut sekolah berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penataan elemen interior ruang pembelajaran. Desain interior studio Animaxx menampilkan suasana ruang pembelajaran yang berbeda dengan ruang kelas konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan elemen interior studio Animaxx ditinjau dari aspek pencahayaan, warna, bentuk, dan material dan mengetahui pengaruh elemen interior terhadap proses pembelajaran yang dilihat dari motif, afektif, dan ketercapaian pembelajaran. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data melalui pengumpulan kuesioner. Dikuatkan dengan teknik wawancara, studi literatur dan observasi langsung ke obyek penelitian. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis melalui analisis regresi. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian adanya pengaruh persepsi pengguna terhadap elemen interior studio Animaxx berpengaruh terhadap motif, dengan model regresi Y1 = -4,923 + 1,051X, dengan thitung = thitung = 17,406 > ttabel = 1,98. Persepsi pengguna terhadap elemen interior studio Animaxx berpengaruh terhadap afektif dengan model regresi Y2 = 9,139 + 0,870X, dengan thitung = 11,928 > ttabel = 1,98. Motif dan afektif secara simultan berpengaruh terhadap ketercapaian pembelajaran, dengan model regresi, Z = 2,898 + 0,059Y1 + 0,865Y2, dengan nilai Fhitung = 210,181 > Ftabel = 3,07. Sehingga disimpulkan ada pengaruh signifikan antara elemen interior studio Animaxx terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat mendukung penelitian selanjutnya dalam mengkaji seberapa jauh peranan desain interior ruang pembelajaran terhadap keberhasilan pembangunan berkelanjutan dalam mewujudkan pendidikan kejuruan yang berkualitas.
Kata kunci: elemen interior; proses pembelajaran; studio Animaxx.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Architecture
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:38
Last Modified: 27 Sep 2022 01:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8702

Actions (login required)

View Item View Item