Search for collections on Undip Repository

TIPOLOGI DAN KONSEP INTEGRASI PADA LINGKUNGAN BANGUNAN PENDIDIKAN DENGAN KARAKTER ARSITEKTUR KOLONIAL DI JALAN KARTINI KOTA SALATIGA

ASHAR SETYOAJI, SIGIT and Rukayah, Siti and Supriyadi, Bambang (2015) TIPOLOGI DAN KONSEP INTEGRASI PADA LINGKUNGAN BANGUNAN PENDIDIKAN DENGAN KARAKTER ARSITEKTUR KOLONIAL DI JALAN KARTINI KOTA SALATIGA. Masters thesis, undip.

[img] Text
1. Cover.pdf - Submitted Version

Download (147kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (58kB)
[img]
Preview
Image
Lembar pengesahan.jpg - Submitted Version

Download (931kB) | Preview
[img] Text
7. Bab I.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
8. Bab II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
9. Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)

Abstract

Bangunan cagar budaya adalah bangunan yang secara arsitektural
memiliki kekhasan baik dari nilai arsitektural, estetika dan mewakili suatu
simbol kebudayaan. Bangunan pendidikan di jalan Kartini Salatiga
merupakan sebuah komplek bangunan cagar budaya yang terdapat di Kota
Salatiga ,merupakan peninggalan kolonial Belanda, sehingga tidak
mengherankan apabila bangunan tersebut memiliki karakter arsitektur
kolonial yang membentuk identitas yang khas pada kawasan tersebut.
Pembangunan selasar pendidikan di Jalan Kartini Kota Salatiga tidak
terlepas dari status kota Salatiga sebagai Kota Gemeente yang membuat
Kota Salatiga maju dalam pembangunan fasilitas kotanya termasuk fasilitas
pendidikan di jalan Kartini dulunya bernama Normaalschoolweg yang
diperuntukkan untuk orang pribumi. Bangunan-bangunan pendidikan
tersebut adalah SMP Negeri 1 Salatiga atau dahulu berfungsi sebagai
MULO, SMP Negeri 2 dulu berfungsi sebagai Meisijis Kweekschool, dan
SMA Negeri 3 dan SD Negeri 5 yanbg dahulu merupakan komplek
Normaalschool. Perlu kiranya kini dilakukan sebuah studi mengenai tipologi
dan konsep integrasi kawasan mengingat bangunan tersebut merupakan
bangunan cagar budaya yang berada pada satu kawasan yang berdekatan,
sebagai upaya peran aktif pelestarian bangunan cagar budaya dari segi
akademis arsitektur.
Untuk menjawab pertanyaan penelitian mengenai tipologi dan konsep
integrasi pada kawasan bangunan pendidikan di jalan Kartini Salatiga
digunakan metode rekonstruksi baik secara bangunan maupun secara
kawasan yang dilakukan dengan mencari data kesejarahan berupa foto
maupun wawancara kepada narasumber yang kompeten, yang kemudian
dianalisa berdasarkan kajian analisa tipologis dan konsep integrasi melalui
penggambaran ulang.
Dalam penelitian ini diketahui bahwa bangunan pendidikan di jalan
Kartini Salatiga merupakan tipologi bangunan pendidikan pendekatan desain
tropis dengan langgam arsitektur kolonial modern yang secara tatanan
kawasan tidak memiliki keselarasan dalam konsep penataan kawasannya,
namun ada usaha untuk mengintegrasikan bangunan pendidikan pada
kawasan tersebut.
Kata Kunci : Tipologi, Integrasi, Bangunan Cagar Budaya, Arsitektur
Kolonial, Jalan Kartini Salatiga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Architecture
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:25
Last Modified: 22 Sep 2022 08:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item View Item