Nugraheni, Maria Fransiska Oktavia and Windiani, Reni and Wahyudi, Fendy E. (2022) KAPITALISME BERKELANJUTAN: STRATEGI H&M DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF INDUSTRI FAST FASHION /33/HI/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (461kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (986kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (287kB) |
Abstract
Penelitian dalam hubungan internasional acapkali membahas negara sebagai aktor dengan segala isu dan permasalahan yang dihadapinya. Namun, penelitian ini lebih banyak membahas mengenai entitas bisnis yakni H&M dalam strateginya untuk menanggulangi dampak negatif industri fast fashion. Istilah fast fashion sendiri merupakan strategi bisnis yang digunakan untuk menyeimbangkan permintaan pasar dengan kemampuan produksi perusahaan melalui strategi respon cepat sebagaimana yang diterapkan oleh H&M. Diketahui bahwa dampak negatif yang dihasilkan oleh industri fast fashion meliputi sektor lingkungan hidup dan kemanusiaan yang tentunya amat berdampak bagi manusia. Penelitian ini menggunakan mata pisau teori liberalisme kapitalis dan konsep creating shared value untuk membuktikan strategi yang dijalankan oleh H&M. Untuk itu, peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang disusun melalui studi kepustakaan. Adapun penelitian ini mengumpulkan data-data yang bersumber dari penelitian-penelitian terdahulu dan menggabungkan informasi dari dokumen resmi terkait seperti H&M Sustainable Report dan H&M Foundation Annual Report dengan berita-berita yang relevan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa H&M yang merupakan kapitalis terbukti telah melaksanakan serangkaian strategi untuk menanggulangi dampak negatif industri fast fashion melalui program H&M Sustainable dan H&M Foundation Global Program for Equality yang dalam pengimplementasiannya menggunakan konsep creating shared value. Selain untuk menciptakan kebaruan penelitian, tulisan ini juga diselenggarakan untuk memberikan kontribusi kepada khalayak umum mengenai dampak negatif industri fast fashion dan strategi yang dilakukan oleh H&M untuk menanggulangi hal tersebut.
Kata kunci: industri fast fashion, dampak negatif industri fast fashion, H&M, creating shared value.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 04:57 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 04:57 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8600 |
Actions (login required)
View Item |