Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Konsumen Wanita Produk Wardah di Kota Semarang) /82/adbis/2021

Priambodo, Panji and Farida, Naili (2021) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Konsumen Wanita Produk Wardah di Kota Semarang) /82/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover_compressed.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar pustaka_compressed.pdf - Published Version

Download (69kB)

Abstract

Industri kosmetik menjadi salah satu industri potensial bagi perekonomian
Indonesia. Banyaknya jenis kosmetik yang beredar di pasaran memicu adanya
persaingan kompetitif. Informasi merupakan salah satu faktor penting dalam
meningkatkan niat beli konsumen pada produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah online customer review dan celebrity endorsement
berpengaruh terhadap niat beli konsumen produk kosmetik Wardah. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen wanita produk kosmetik Wardah di kota
Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang di dapat dari
teori Cooper & Emory dan menggunakan teknik purposive sampling. Skala
pengukuran menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan uji validitas
dan reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana,
analisis regresi berganda, uji t, dan uji F dengan program SPSS versi 25
Hasil penelitian ini diketahui bahwa online customer review berpengaruh
signifikan dan positif terhadap niat beli, celebrity endorsement berpengaruh
signifikan dan positif terhadap niat beli. Hasil penelitian ini juga menunjukan
bahwa ada pengaruh yang signifikan antara online customer review dan celebrity
endorsement secara Bersama-sama terhadap niat beli. Semua hipotesis memiliki
signifikan p < 0,05. Hal ini berarti semakin baik ulasan pada produk dan pemilihan
endorser yang tepat maka dapat meningkatkan niat beli konsumen untuk membeli
produk tersebut.

Kata Kunci: Online Customer Review, Celebrity Endorsement dan Niat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:41
Last Modified: 15 Sep 2022 04:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8330

Actions (login required)

View Item View Item