Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Peserta Didik Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cilacap) /61/adbis/2021

Mulia, Adella Diesta Cahya and Hidayat, Wahyu (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Peserta Didik Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cilacap) /61/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya dunia di era globalisasi yang semakin maju dan modern, peran penting sumber daya manusia dibutuhkan guna membawa perubahan terhadap pembangunan suatu negara. Untuk memajukan sumber daya manusia yang ada maka diperlukan adanya peningkatan kulitas pendidikan. Industri yang bergerak di bidang jasa pendidikan (non-formal) merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan mendirikan sebuah lembaga bimbingan belajar yang bertujuan untuk membantu siswa yang kesulitan belajar dan meningkatkan prestasi. Tujuan perusahaan dalam mempertahankan usahanya adalah memberikan kepuasan terhadap konsumen agar kemudian akan loyal, yang dapat di memperhatikan beberapa aspek seperti kualitas pelayanan dan harga.
Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Peserta Didik Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cilacap). Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Ganesha Operation Cilacap pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 156 siswa sedangkan sampelnya yakni 72 siswa SMA/SLTA yang mengikuti bimbingan belajar di Ganesha Operation tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Sensus atau Sampel Jenuh.
Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 23.0 for Windows, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, uji sinifikansi (uji t dan uji F) serta analisis jalur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai F hitung (25,426) > F tabel (3,13). Hasil pengujian analisis jalur membuktikkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga mengalami peningkatan apabila menjadikan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.
Saran yang diberikan dalam penelitian ini yakni bimbel Ganesha Operation Cilacap untuk mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan secara maksimal dan konsisten, menyesuaikan harga program bimbingan, serta kepuasan dalam diri konsumen sehingga dapat tercipta konsumen yang loyal.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:44
Last Modified: 14 Sep 2022 02:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item