Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BELI TIKET KERETA API MELALUI APLIKASI KAI ACCESS (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi KAI Access di Semarang) /49/adbis/2021

Larasati, Adinda Sekar Ayu and Nugraha, Hari Susanta and Widayanto, Widayanto (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BELI TIKET KERETA API MELALUI APLIKASI KAI ACCESS (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi KAI Access di Semarang) /49/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan masyarakat semakin dipermudah dengan menggunakan internet untuk berbagai hal termasuk membeli tiket kereta api. Saat ini, masyarakat dapat menggunakan beberapa cara untuk membeli tiket kereta api melalui mobile application dengan menggunakan perangkat sendiri (smartphone, tablet atau komputer desktop). Mobile application yang menyediakan fasilitas pembelian tiket kereta api di Indonesia antara lain seperti KAI Access, Traveloka, Tokopedia, dan Tiket.com. Salah satu mobile application yang cukup terkenal adalah aplikasi KAI Access oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sejak diterbitkan pada 4 September 2014, KAI Access awalnya hanyalah memberi penawaran fitur memesan tiket kereta api jarak jauh serta menengah, akan tetapi saat ini KAI Access tumbuh pesat dengan berbagai macam fitur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kemudahan penggunaan terhadap minat beli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access di Kota Semarang. Tipe penelitian ini ada explanatory research dan menggunakan Teknik pengambilan sampel non probability sampling serta purposive sampling. Kemudian, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 97 responden pengguna aplikasi KAI Access di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif denga uji Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan uji signifikasi yaitu uji t dan uji F.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah variabel kepercayaan dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat beli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access di Kota Semarang. Merujuk pada hasil tersebut maka perusahaan disarankan untuk membentuk kepercayaan konsumen dalam menggunakan aplikasi KAI Access agar konsumen menaruh kepercayaan yang besar pada saat menggunakan aplikasi. Serta perusahaan mengupayakan aplikasi KAI Access sebagai mobile application yang mudah digunakan sehingga dapat memberikan dampak minat beli konsumen.

Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:18
Last Modified: 13 Sep 2022 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item View Item