Novrian, Yuzra and Farida, Naili and Prabawani, Bulan (2021) PENGARUH CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Tolak Angin di Kota Semarang) /48/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Published Version Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (141kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (921kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan temuan menurunnya nilai pada Top Brand Index yang dimiliki oleh merek Tolak Angin. Melalui penurunan nilai Top Brand Index yang dihitung melalui tiga parameter, diasumsikan adanya penurunan minat beli ulang oleh konsumen. Keputusan pembelian ulang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, pada penelitian ini faktor yang dimaksud ialah citra merek, wordofmouth, dan kepercayaan merek.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatoryresearch yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh variabel citra merek, wordofmouth, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian ulang yang dilakukan oleh konsumen Tolak Angin di Kota Semarang. Populasi yang pada penelitian ini ialah konsumen produk Tolak Angin di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang dipergunakan ialah data primer dan sekunder yaitu kuesioner, hasil perhitungan pada aplikasi SPSS, dan studi pustaka skripsi terdahulu.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kepada responden terkait. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, uji t, dan analisis jalur dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 25.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah adanya pengaruh positif dari masing-masing variabel yaitu citra merek dan wordofmouth terhadap kepercayaan merek. Begitu pula pada kedua variabel independen terhadap keputusan pembelian ulang. Variabel kepercayaan merek turut berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian ulang. Hasil pada uji analisis jalur menunjukkan bahwa kepercayaan merek mampu memediasi penuh antara citra merek terhadap keputusan pembelian dan memediasi parsial antara wordofmouthterhadap keputusan pembelian ulang. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, peneliti menyarankan Sido Muncul untuk memperhatikan aspek wordofmouth dan meningkatkannya melalui upaya seperti inovasi produk, program produk, dan peningkatan kualitas agar intensitas perbincangan terkait produk meningkat.
Sehingga kepercayaan merek produk Tolak Angin dapat selalu meningkat dan mempertahankan pangsa pasar yang ada.
Kata kunci : Citra Merek, Word ofMouth, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian Ulang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 07:03 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 07:03 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |