Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-TRUST DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION MELALUI E-SATISFACTION (Pada Mahasiswa S1 FISIP yang Pernah Berbelanja di Lazada) / 47/adbis/2021

Kusmita, Agustina Cahya and Farida, Naili and Saryadi, Saryadi (2021) PENGARUH E-TRUST DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION MELALUI E-SATISFACTION (Pada Mahasiswa S1 FISIP yang Pernah Berbelanja di Lazada) / 47/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemunculan e-commerce memudahkan konsumen yang hendak berbelanja yaitu dapat berbelanja dimana saja dan kapan saja, sehingga konsumen tidak perlu datang langsung ke toko. Lazada merupakan salah satu e-commerce yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Tetapi menurut data jumlah pengunjung pada e-commerce Lazada selama tahun 2017-2020 mengalami keadaan yang menurun yang kemudian didukung dengan menurunnya tingkat engagement di Lazada selama tahun 2017-2019. Dapat diindikasikan bahwa ada penurunan padaonline repurchase intention. Online repurchase intention ini diduga karena kepuasan (e-satisfaction) konsumen yang menurun. Kepuasan konsumen yang rendah ini kemungkinan diakibatkan oleh kepercayaan (e-trust) dan kualitas pelayanan (e-service quality).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-trust dan e-service quality terhadap online repurchase intention melalui e-satisfaction. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan teknik pengambilan sampling menggunakan pendekatan non probability sampling dan multistage sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan google form. Sampel berjumlah 100 orang responden yang dibagikan kepada mahasiswa aktif S1 FISIP UNDIP angkatan tahun 2017 sampai tahun 2020. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, dan uji analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial e-trust tidak berpengaruh positif terhadap e-satisfaction, e-service quality berpengaruh positif terhadap e-satisfaction, e-trust tidak berpengaruh positif terhadap online repurchase intention, e-service quality berpengaruh positif terhadap online repurchase intention, dan e-satisfaction berpengaruh positif terhadap online repurchase intention. Uji pengaruh tidak langsung e-trust tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap online repurchase intention melalui e-satisfactiondan e-service quality tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap online repurchase intention melalui e-satisfaction. Secara simultan variabel e-trust, e-service quality, dan e-satisfaction berpengaruh sebesar 43,2% terhadap variabel online repurchase intention. Peneliti menyarankan agar Lazada meningkatkan e-service quality dan e-satisfactiondan memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen.

Kata kunci : E-Trust, E-Service Quality, E-Satisfaction, Online Repurchase Intention.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:57
Last Modified: 13 Sep 2022 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item