Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kemudahan Transaksi, Electronic World of Mouth (eWOM), dan eTrust terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Lazada di Semarang / 38/adbis/2021

Widyanto, Muhammad Bimo and Listyorini, Sari and Pinem, Robetmi Jumpakita (2021) Pengaruh Kemudahan Transaksi, Electronic World of Mouth (eWOM), dan eTrust terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Lazada di Semarang / 38/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (724kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK
Kemajuan teknologi yang pesat memunculkan beragam kemudahan, salah
satunya adalah kemudahan dalam berbelanja secara online. Salah satu e-commerce
untuk berbelanja online terkenal adalah Lazada. Namun, Lazada mengalami
penurunan pengunjung selama dua tahun berturut-turut. Faktor yang menyebabkan
menurunnya penjunjung website karena menurunnya tingkat engagement selama
tahun 2017 – 2019. Selain itu, adanya ulasan negatif mengenai Lazada juga dapat
menurunkan pengunjung pada Lazada. Menurunnya pengunjung juga dapat
berpengaruh menurunnya transaksi yang dilakukan di Lazada.
Pada penelitian ini menggunakan tipe penelitian explanatory research,
dengan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan kriteria berusia 17
tahun dan berdomisili di Kota Semarang, pernah melakukan transaksi di Lazada
minimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir serta bersedia mengisi kuesioner. Teknik
sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan
sampling incidental dan sampling purposive. Penelitian ini terdiri atas 4 variabel,
20 indikator, dan 4 hipotesis. Uji analisis dilakukan dengan program SPSS versi 25
dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien
determinasi, analisis regresi linear dan berganda seta uji signifikasi (uji t dan uji F).
Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan jika kemudahan transaksi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien
determinasi sebesar 47,2%. Lalu, eWOM berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan koefisien determinasi sebesar 53,3% dan
eTrust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan
koefisien determinasi sebesar 67%. Secara simultan kemudahan transaksi, eWOM
dan eTrust berpengaruh positif dan signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan jika Lazada dapat
mengoptimalkan mesin pencahariannya dan membuat tampilan situsnya lebih
mudah digunakan. Selain itu Lazada juga dapat mendorong konsumen untuk
menuliskan ulasannya, transparan dalam memberikan informasi, bertanggung
jawab, dan juga meningkatkan kepuasan berbelanja.
Kata Kunci: Kemudahan Transaksi, eWOM, eTrust, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:56
Last Modified: 13 Sep 2022 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8254

Actions (login required)

View Item View Item