Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI SATRIA (Studi pada konsumen Suzuki Satria di PT.Indo Sunmotor Gemilang Kota Semarang) / 32/adbis/2021

Firmansyah, Ilham and Budiatmo, Agung (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI SATRIA (Studi pada konsumen Suzuki Satria di PT.Indo Sunmotor Gemilang Kota Semarang) / 32/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (338kB)

Abstract

ABSTRAKSI
Abstraksi: Dunia bisnis telah berkembang dengan pesatnya. Akibat dari perkembangan ini menciptakan peluang dan persaingan ketat untuk meningkatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Suzuki sebagai salah satu perusahaan motor terbesar di Indonesia menghasilkanproduksepeda motor yang memberikan kecepatan, kenikmatan, keiritan dan kenyamanan dalam berkendara sepeda motor dandapat disejajarkan dengan para pesaingnya. Keputusan pembelian adalah suatu tahapan dimana konsumen benar-benar membeli sebuah produk yang ditawarkan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen antara lain yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dan citra merek. Pada akhirnya produk yang berkualitas akan dipilih oleh konsumen sehingga mempengaruhi keputusan konsumen karena kualitas merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh suatu produk agar perusahaan lebih kompetitif dari perusahaan lainnya.Persepsi pelanggan terhadap citra merek yang baik dapat menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian. Itulah sebabnya membangun citra merek yang baik menjadi tugas penting bagi perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki Satria di PT. Indo Sunmotor Gemilang Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability dan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna dan pembeli Suzuki Satria di PT. Indo Sunmotor Gemilang Semarang.Teknik analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, tabulasi silang, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, dan uji F dengan bantuan sistem IBM SPSS versi 21.0.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.Saran yang diberikan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian adalah dengan perbaikan pada variabel kualitas produk dan citra merek. Pada kualitas produk disarankan agar perusahaan dapat meningkatkan konsistensi dari kinerja mesin dan juga daya tahannya sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru. Pada citra merek disarankan agar perusahaan lebih menguatkan konsep dan tagline Suzuki yaitu “Nyalakan Nyali” agar lebih dapat diterima masyarakat. Pada keputusan pembelian perusahaan disarankan agar dapat meningkatkanmemperhatikan nilai masing-masing kualitas produk dan citra merek sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap penjualan sepeda motor Suzuki Satria.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:55
Last Modified: 13 Sep 2022 04:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8247

Actions (login required)

View Item View Item