Febriani, Annisa and Wijayanto, Andi and Suryoko, Sri (2021) Pengaruh Positioning dan Electronic word of mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik Pixy Lipstick di Kota Semarang /25/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER_annisa febriani_bisnis.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (629kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98kB) |
Abstract
Pengaruh Positioning dan Electronic word of mouth terhadap Keputusan Pembelian
Produk Pixy Lipstick di Kota Semarang
ABSTRAKSI
Saat ini persaingan bisnis kosmetik terus bertambah dengan munculnya merek-merek kosmetik
khususnya di Indonesia. Kosmetik ini digunkan untuk menunjang penampilan seorang wanita
dalam kegiatannya sehari-hari. Salah satu merek kosmetik ternama di Indonesia adalah merek
Pixy. Pixy memproduksi banyak jenis produk kosmetik seperti bedak muka padat, bedak muka
tabur, eyeliner, eyeshadow, blush on, primer, foundation, dan tidak terkecuali lisptick.
Berdasarkan data yang diperoleh jenis produk kosmetik terlaris yang menduduki peringkat
kedua pengguna terbanyak di e-commerce adalah lipstick. Merek Pixy juga sudah
memproduksi produk lipstick yang tersebar di seluruh Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positioning dan electronic word of
mouth terhadap keputusan pembelian produk lipstick Pixy di Kota Semarang. Tipe penelitian
yang digunakan adalah explanatory research dan menggunakan teknik pengambilan sampel
nonprobability sampling serta purposive sampling. Selain itu, sampel dalam penelitian ini
menggunakan 100 responden konsumen produk lipstick Pixy di Kota Semarang. Penelitian ini
menggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas dan reliabilitas, koefisien korelasi,
koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan uji signifikasi yaitu
uji t dan uji F.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah variabel positioning dan
electronic word of mouth berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian produk lipstick
Pixy di Kota Semarang. Berdasarkan hasil tersebut maka Pixy disarankan untuk membentuk
posisi produk atau positioning yang tepat mengenai produk lipstick Pixy agar produk tersebut
dapat tertanam di benak konsumen dan calon konsumen. Selain itu, Pixy juga harus terus
melakukan inovasi produk dan membentuk kepercayaan konsumen pada produk mereka agar
dapat memberi ulasan positif melalui media sosial mengenai produk lipstick Pixy yang dapat
mendorong keputusan pembelian calon konsumen.
Keywords : Positioning, electronic word of mouth, keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 01:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 01:57 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8238 |
Actions (login required)
View Item |