Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Usaha Mikro Olahan Bandeng di Kota Semarang) / 22/adbis/2021

Latifah, Nur and Shinta Dewi, Reni and Budiatmo, Agung (2021) PENGARUH ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Usaha Mikro Olahan Bandeng di Kota Semarang) / 22/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

Pengaruh Entrepreneurial Orientation Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi ProduK Sebagai Variabel Intervening
(Studi Pada Usaha Mikro Olahan Bandeng di Kota Semarang)
ABSTRAK
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Tengah mengalami laju pertumbuhan yang terus menerus meningkat perkembangannya. Peningkatan tersebut terjadi tidak terlebas dari keterlibatan berbagai pihak, hal ini dikarenakan UMKM mempunyai peran sebagai penyerapan tenaga kerja di masyarakat dan berfugsi untuk meningkstksn kesejahteraan ekonomi masyarakat disuatu daerah tersebut. Salah satu jenis UMKM yang ada di Kota Semarang yakni Usaha Mikro Olahan Bandeng yang sudah menghasilkan bermacam varian produk bandeng di pasaran yang diharapkan mampu melakukan inovasi produk sehingga tidak kalah saing dengan produsen besar bandeng yang semakin sengit persaingannya.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Entrepreneurial Orientation Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk. Jumlah sampel yang diambil yaitu 51 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobalbability sampling yaitu sampling jenuh (sensus). Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner fisik. Tipe penelitian ini ialah explanatory research. Penelitian ini menggunakan alat bantu software SmartPLS 3.3.3 for Windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial orientation berpengeruh signifikan terhadap inovasi produk, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, entrepreneurial orientation berpengeruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan inovasi produk mampu memediasi entrepreneurial orientation terhadap kinerja pemasaran sebagai mediasi parsial
Saran untuk penelitian ini yaitu diharapkan para pemilik UMKM menanamkan nilai-nilai Entrepreneurial Orientation dalam setiap usaha yang dijalankannya agar senantiasa dapat menemukan peluang pasar baru. Selain itu pemilik UMKM juga harus terus melakukan inovasi produk untuk memenuhi keinginan konsumen sehingga dapat bersaing di pasaran dan mempertahankan produknya di pasaran. Sehingga akan meningkatkan kinerja pemasaran.

Kata kunci : Entrepreneurial Orientation, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:36
Last Modified: 12 Sep 2022 07:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8229

Actions (login required)

View Item View Item