Islami, Anisa Dian and Widiartanto, Widiartanto and Nugraha, Hari Susanta (2021) Pengaruh Harga dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Telkomsel (Studi pada Pengguna Kartu Prabayar Simpati di Fisip Undip) / 21/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (386kB) |
|
Text
Bab 1.pdf - Published Version Download (753kB) |
|
Text
Bab 2.pdf - Published Version Download (384kB) |
|
Text
Bab 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
Text
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAKSI
Sektor industri telekomunikasi menjadi penting bagi pertumbuhan ekonomi
nasiona, hal ini dikarenakan sektor telekomunikasi memiliki sumbangan yang
cukup besar terhadap PDB nasional, cadangan devisa. Telkomsel merupakan brand
telekomunikasi yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di Indonesia dengan dua
jenis layanan yaitu kartu prabayar dan pascabayar. Salah satu produk unggulan
Telkomsel adalah Kartu Prabayar Simpati. Berdasarkan data jumlah pengguna dan
market share Kartu Prabayar Simpati pada tahun 2019 dan 2020 Kartu Prabayar
Simpati mengalami fluktuatif.. Harga dan pengggunaan media sosial dapat diduga
sebagai faktor penyebab jumlah kunjungan yang fluktuatif tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara harga dan
penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian pengguna Kartu Prabayar
Simpati. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, purposive
sampling, dan accidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan
menggunakan kuesioner fisik. Sampel pada penelitian berjumlah 100 pengguna
Kartu Prabayar Simpati. Untuk melakukan analisis terhadap uji yang digunakan
menggunakan bantuan aplikasi komputer SPSS 25.0 for Windows terhadap uji
validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis
regresi sederhana dan berganda, kemudian uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga dan penggunaan media sosial
berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian,
dimana ketika bersama-sama harga memiliki pengaruh yang paling besar terhadap
keputusan pembelian. Secara parsial harga menyumbang sebesar 38,8% terhadap
keputusan pembelian, sedangkan penggunaan media sosial menyumbang sebesar
33,7% terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan harga dan
penggunaan media sosial menyumbang sebesar 47,7% terhadap keputusan
pembelian.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Telkomsel dapat Kartu
Prabayar Simpati dapat memberikan tawaran layanan baru dengan harga lebih
terjangkau, termasuk mempertimbangkan harga yang ditawarkan kompetitor
sebagai acuan penetapan harga. Selain itu perlu adanya peningkatan kecepatan
admin dalam merespon pertanyaan atau keluhan konsumen.
Kata kunci : Harga, Penggunaan Media Sosial, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 07:31 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 07:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8228 |
Actions (login required)
View Item |