Rosyid, Ibnur and Widiartanto, Widiartanto (2021) PENGARUH FASILITAS WISATA DANEXPERIENTIAL MARKETINGTERHADAP KEPUASANBERKUNJUNG (StudiPada WisatawanObjek Wisata Grand Maerakaca Semarang) / 18/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
Ibnur Rosyid COVER 1-16.pdf - Published Version Download (619kB) |
|
Text
Ibnur Rosyid BAB1 17-64.pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text
Ibnur Rosyid BAB2 65-79.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text
Ibnur Rosyid BAB3 80-123.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
Ibnur Rosyid BAB4 124-126.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
Ibnur Rosyid DAFTAR PUSTAKA 127-129.pdf - Published Version Download (142kB) |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor bisnis yang potensial karena kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata terus meningkat. Grand Maerakaca merupakan jenis wisata buatan yang memiliki konsep budaya dan edukasi tentang kebudayaan Jawa Tengah. Grand Maerakaca menjadi salah satu wisata unggulan Kota Semarang, akan tetapi karena masih adanya masalah dalam Grand Maerakaca, maka wisatawan ragu untuk berkunjung.Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai meteode pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden wisatawan Grand Maerakaca Semarang yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program WarpPLS 5.0.
Hasil analisisdengan WarpPLS menjelaskan bahwa pada hasil uji pengaruh langsung pada model penelitian yaitu pengaruh Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Berkunjung menunjukkan hasilpositif dan signifikan, pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Berkunjung menunjukan hasil positif dan signifikan, Uji pengaruh bersama pada modelpenelitian yaitu pengaruh Fasilitas Wisata dan Experiential Marketing terhadap Kepuasan Berkunjung menunjukkan hasil positif dan signifikan. Peneliti memberikan saran kepada pihak Grand Maerakacaberdasarkan nilai rekapitulasi terendah yang diberikan responden pada indikator penilaian, yaitu menciptakan situasi kunjungan yang nyaman dan aman dalam proses interaksi antara pengunjung, menambahkan tempat untuk berteduh dari panas atau hujandan idealnya jalan sepanjang trecking mangrove diberikan pagar pembatas agar tidak menimbulkan bahaya bagi anak kecil dan meminimalisir terjadi hal yang tidak diinginkan.
Kata Kunci : Fasilitas Wisata, Experiential Marketing, KepuasanBerkunjung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 04:51 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 04:51 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8221 |
Actions (login required)
View Item |