Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GELAEL SUPERMARKET CITRALAND SEMARANG / 11/adbis/2021

Sitepu, Alesia and Hermani DS, Agus (2021) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GELAEL SUPERMARKET CITRALAND SEMARANG / 11/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER..pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK

Persaingan ritel di Kota Semarang mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini dapat dilihat langsung dari maraknya bisnis retail yang beredar di Indonesia, khususnya di Kota Semarang. Setiap perusahaan ritel berlomba lomba untuk memenangkan persaingan, untuk memenangkan persaingan dibutuhkan adanya keputusan pembelian. Keputusan pembelian yang diperlukan suatu perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah keputusan pembelian yang tinggi. Keputusan Pembelian yan tinggi dapat dipengaruhi oleh Promosi Penjualan yan menarik dan kualitas pelayanan yang baik. Menurut data Penjualan dan target penjualan pada Gelael Citraland Semarang menunjukkan adanya penurunan penjualan dan tidak terpenuhinya taret penjualan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Gelael Citraland Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 100 responden yang pernah berbelanja pada Gelael Citraland Semarang. Metode analisis data yang digunakan adalah analissis regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.Saran yang diberikan kepada Gelael Citraland Semarang pada aspek promosi penjualan, perusahaan perlu meningkatkan Promosi Penjualan seperti sering memberikan Diskon/potongan harga, Penawaran Product Bundling/ Paket Produk yang semakin sering di lakukan. Pada aspek kualitas pelayanan perusahaan perlu memperbaiki kebersihan toko agar lebih bersih, memperbaiki Penataan produk pada etalase toko dengan lebih rapi dan tertata, memperbaiki penataan rak – rak agar kondisi lorong belanja tidak terlihat sempit, Memperhatikan kondisi suhu ruangan agar selalu dingin dan menambah tingkat pencahayaan di dalam toko agar kondisi toko terlihat lebih terang, karyawan harus lebih siap melayani konsumen dan karyawan harus lebih cepat membantu konsumen, hal ini juga bisa dilakukan dengan menambah beberapa karyawan baru yang di tempatkan pada setiap etalase toko agar konsumen dapat dengan mudah mencari karyawan apabila membutuhkan bantuan. Pada aspek keputusan pembelian memberikan dorongan yang tinggi agar nilai pembelian produk konsumen pada Gelael Citraland lebih tinggi, meningkatkan dorongan pada konsumen agar lebih sering berbelanja di Gelael Citraland serta meningkatkan dorongan pada jumlah pembelian produk dalam rangka untuk meningkatkan jumlah pembelian pada Gelael Citraland Semarang.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:20
Last Modified: 12 Sep 2022 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8211

Actions (login required)

View Item View Item