Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP DECISION TO VISIT (STUDI PADA PENGUNJUNG OWABONG WATER PARKPURALINGGA) /02/adbis/2021

Nur Romadhon, Akhmad and Widiartanto, Widiartanto and Shinta Dewi, Reni (2021) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP DECISION TO VISIT (STUDI PADA PENGUNJUNG OWABONG WATER PARKPURALINGGA) /02/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)

Abstract

Sektor pariwisata menjadi penting bagi pertumbuhan ekonomi nasiona, hal ini dikarenakan sektor pariwisata memiliki sumbangan yang besar terhadap PDB nasional, cadangan devisa, serta penyerapan tenaga kerja yang mendorong tumbuhnya UMKM yang bergerak pada sektor pariwisata. Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong Water Park) merupakan destinasi wisata air yang berada di Purbalingga Jawa Tengah. Berdasarkan data kunjungan wisatawan pada tahun 2015 sampai 2020 Owabong Water Park mengalami fluktuatif. eWOM dan destination image dapat diduga sebagai faktor penyebab jumlah kunjungan yang fluktuatif tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara eWOM dan destination image terhadap decision to visit pada pengunjung Owabong Water Park. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, purposive sampling, dan accidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner fisik. Sampel pada penelitian berjumlah 100 pengunjung Owabong Water Park. Untuk melakukan analisis terhadap uji yang digunakan menggunakan bantuan aplikasi komputer SPSS 25.0 for Windows terhadap uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, kemudian uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa eWOM dan destination image berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap decision to visit, dimana ketika bersama-sama destination image memiliki pengaruh yang paling besar terhadap decision to visit. Secara parsial eWOM menyumbang sebesar 17,6% terhadap decision to visit, sedangkan destination image menyumbang sebesar 52% terhadap decision to visit. Kemudian secara simultan eWOM dan destination image menyumbang sebesar 52,9% terhadap decision to visit.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Owabong Water Park dapat meningkatkan respon terhadap adanya ulasan negatif yang muncul agar dapat segera teratasi untuk mengantisipasi munculnya eWOM negatif kembali. Selain itu perlu dilakukan inovasi dalam rangka meningkatkan destination image agar wisatawan menjadi tertarik untuk berkunjung ke Owabong Water Park.

Kata kunci : Electronic Word of Mouth, Destination Image, Decision to Visit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:03
Last Modified: 09 Sep 2022 09:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8199

Actions (login required)

View Item View Item