Fauziyah, Zahra Putri and Prabawani, Bulan (2020) Analisa Penerapan Whistleblowing System pada PT TASPEN (PERSERO) / 110/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKSI
Kecurangan dalam perusahaan asuransi menjadi hal yang marak terjadi akhir-akhir
ini. Association Certified Fraud ExaminersI (ACFE) mencatat bahwa dalam tahun
2019 terdapat 239 kasus fraud dimana perusahaan yang paling dirugikan adalah
perusahaan sektor keuangan yang mana perusahaan asuransi masuk didalamnya.
Cara menerapkan lingkungan kerja yang bersih dan profesional sehingga terhindar
dari kecurangan adalah dengan mengimplementasikan Good Corporate
Governance. Salah satu satu elemen penting Good Corporate Governance. adalah
whistleblowing system yang memiliki fungsi pengendalian dan pencegahan
kecurangan. PT TASPEN merupakan salah satu perusahaan asuransi yang
menerapkan whistleblowing system dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan
predikat Wajar Tanpa Pengecualian pada Laporan Keuangan PT TASPEN pada
tahun 2017, 2018, dan 2019. Pada penelitian ini penulis bertujuan untuk
mengertahui bagaimana pelaksanaan whistleblowing system pada PT TASPEN
sesuai dengan indikator yang dibuat oleh Komite Nasional Kebijakan Governance
dalam Buku Panduan Pelaporan-WBS. Penulis menggunakan metode kualitatif
dengan pendekataan deskriptif kualitatif. Metode pangambilan data pada penelitian
dilakukan dengan wawancara bersama Vice President PT TASPEN dan studi
pustaka.
Penelitian ini memberikan hasil bahwa dalam pelaksanaan whistleblowing system
PT TASPEN sudah menerapkan semua indikator yang dirumuskan dalam Pedoman
Pelaporan Pelanggaran - Whistleblowing System oleh Komite Nasional Kebijakan
Governance terkecuali bagian pelatihan hardskill kepada karyawan dan kegiatan
benchmarking. PT TASPEN juga belum mengatur secara tertulis bagaimana peran
manajer dalam optimalisasi whistleblowing system
Saran yang diberikan penulis kepada PT TASPEN adalah memberikan pelatihan
atau training kepada pengurus whistleblowing system, mengadakan benchmarking
dengan perusahaan asuransi, dan membuat code of conduct manajer untuk
optimalisasi whistleblowing system
Kata Kunci : Whistleblowing System, Fraud, Whistleblower
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 03:35 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:35 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8191 |
Actions (login required)
View Item |