Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MASKAPAI LION AIR PT LION MENTARI AIRLINES ( Studi Pada Penumpang Lion Air Rute Semarang – Jakarta ) / 105/bisnis/2020

Crismonita, Raisa and Prihatini, Apriatni Endang (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MASKAPAI LION AIR PT LION MENTARI AIRLINES ( Studi Pada Penumpang Lion Air Rute Semarang – Jakarta ) / 105/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Hadirnya penerbangan berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, maskapai yang menjadi pelopor penerbangan LCC yaitu maskapai Lion Air. Namun, hasil Top Brand Index (TBI) kategori Airlines menunjukkan bahwa persentase TBI mengalami penurunan. Hasil On Time Performance (OTP) yang menjadi tolak ukur ketepatan waktu penerbangan menunjukkan bahwa persentase OTP semakin menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap keputusan penggunaan maskapai Lion Air. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sample menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reabilitas, uji normalitas,koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikasi uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi variabel kualitas pelayanan dan citra merek terhadap keputusan penggunaan memilikipengaruh yang kuat. Namun, kedua variabel independen tersebut belum dapat dikatakan sangat baik karena terdapat persepsi negatif dari responden. Maskapai Lion Air harus meningkatkan kualitas pelayanan dengan perbaikan internal perusahaan. Kemudian untuk meningkatkan citra merek, perusahaan harus meningkatkan tanggung jawab atas permasalahan yang terjadi dan komunikasi untuk memperkuat brand lion air .

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Keputusan Penggunaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:24
Last Modified: 08 Sep 2022 02:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8162

Actions (login required)

View Item View Item