Tampaty, Septian Deico and Hermani DS, Agus (2020) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN ATMOSFIR TOKO TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI PADA TONG HIEN SEMARANG) / 89/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Pertumbuhan pesat pada ritel di kota Semarang saat ini, meningkatkan situasi kompetitif antara
pe-ritel yang ada di kota Semarang. Kemunculan dari beberapa ritel-ritel yang lebih baru dan
lebih menarik di kota Semarang, mendorong konsumen untuk menentukan ritel yang dituju untuk
membeli suatu produk. Kondisi yang bertentangan ini mendorong lebih banyak masalah terhadap
ritel lama untuk mempertahankan posisi mereka sebagai ritel utama di kota Semarang. Sebagai
salah satu ritel tertua di kota Semarang, Tong Hien telah mengalami kesulitan dalam
meningkatkan penjualan sepanjang waktu. Hal tersebut disebabkan oleh konsumen yang tidak
merasakan pentingnya untuk membeli produk selain dari yang telah mereka rencanakan.
Sehingga, Tong Hien perlu meningkatkan strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan
mereka melalui rangsangan berupa dorongan bagi konsumen untuk membeli lebih banyak
produk. Penelitian ini dilakukan pada Tong Hien Semarang untuk menemukan dampak dari
pembelian impulsif pada Tong Hien Semarang Tipe penelitian ini adalah explanatory research.
Metode pengambilan sampel pada riset ini adalah nonprobability sampling dengan cara
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan form google dan kuesioner sebar sebagai
media/alat bantu untuk mengumpulkan data. Sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS
26.0. Terdapat sejumlah 100 responden dalam penelitian ini dengan berbagai pengalaman dalam
membeli produk di Tong Hien Semarang sebagai seorang responden. Analisa data yang digunakan
adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa Promosi Penjualan
dan Atmosfir Toko berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif di Tong Hien Semarang.
Saran yang diberikan kepada Tong Hien Semarang pada strategi promosi penjualan, diperlukan
perbaikan dalam menentukan bentuk potongan harga dan paket harga yang diberlakukan supaya
dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian yang lebih tinggi. Pada aspek atmosfir toko,
diperlukan pembaharuan dan pengaturan pada papan informasi serta tata ruang toko agar mampu
menciptakan kenyamanan bagi konsumen untuk berbelanja lebih lama. Pada aspek pembelian
impulsif, perlu menciptakan dorongan agar konsumen membeli dengan nilai dan produk sejenis
yang lebih tinggi pada saat berbelanja di ritel untuk meningkatkan pembelian yang tidak
direncanakan atau keinginan untuk membeli lebih tinggi
Kata Kunci: Ritel; Promosi Penjualan; Atmosfir Toko; Pembelian Impulsif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:47 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:47 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8137 |
Actions (login required)
View Item |