Ayuningtyas, Liana Sekar and Nugraha, Hari Susanta (2020) PENGARUH E-WORD OF MOUTH, LOKASI , DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA PANTAI MENGANTI KEBUMEN) /66/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH E-WORD OF MOUTH, LOKASI , DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
(STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA PANTAI MENGANTI KEBUMEN)
ABSTRAKSI
Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-word of mouth,lokasi, dan daya tarik wisata terhadap kepuasan pengunjung melalui keputusan berkunjung.Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dari penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung Pantai Menganti, sedangkan sampelnya adalah 100 wisatawan yang pernah menggunakan media sosial dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji t, Uji F, dan sobel test menggunakan software SPSS 26.0 for Windows, di mana sebelumnya dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, kemudian uji signifikansi (uji t dan uji F).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-word of mouth berpengaruh positif terhadapkeputusan berkunjung , lokasiberpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung,daya tarik wisataberpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, keputusan berkunjung berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung, e-word of mouth berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung, dan daya tarik wisataberpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung.Berdasarkan hasil analisis regresi linier bergandae-word of mouth, lokasi, dan daya tarik wisata secara bersamaan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung. Selain itu berdasarkan hasil sobel testkeputusan berkunjungmerupakan variabel intervening terhadap kepuasan pengunjung dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Pantai Menganti dapat meningkatkan kemampuan dalam meningkatkan e-word of mouth, meningkatkan aksesbilitas dan fasilitas yang ada, dan meningkatkan daya tarik wisata yang ada sehingga tingkat keputusan berkunjung meningkat, dengan keputusan berkunjung yang tinggi maka akan menimbulkan kepuasan pada pengunjung dan berminat untuk mengunjungi Pantai Menganti.
Kata kunci : E-word of mouth, Lokasi, Daya Tarik Wisata, Kepuasan Pengunjung, Keputusan Berkunjung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 08:55 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 08:55 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8110 |
Actions (login required)
View Item |