Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Usaha Batik-Tulis Di Grobogan-Jawa Tengah) /59/adbis/2020

Nurrohmah, Iva and Suryoko, Sri (2020) PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Usaha Batik-Tulis Di Grobogan-Jawa Tengah) /59/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (742kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (700kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version

Download (585kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (496kB)

Abstract

Pengaruh Kompetensi Wirausaha dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran
(Studi pada Usaha Batik Tulis di Grobogan-Jawa Tengah)

Abstrak
Batik tulis merupakan salah satu usaha yang dijalankan oleh masyarakat kabupaten Grobogan. Batik tulis berpotensi untuk berkembang karena memiliki produk yang unik dan merupakan salah satu budaya yang ada di Indonesia. Akan tetapi pencapaian penjualan batik tulis belum sesuai dengan target yang diinginkan dan penjualan mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi wirausaha dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada usaha batik tulis di Grobogan-Jawa Tengah. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Sampel dari penelitian ini adalah 46 usaha batik tulis di Kabupaten Grobogan dengan kriteria telah melakukan kegiatan usaha minimal 2 tahun. Teknik yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan bantuan SPSS versi 20. Analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t dan uji mediasi (intervening). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kompetensi wirausaha terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian juga menunjukan ada pengaruh antara kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji pengaruh tidak langsung menunjukan adanya pengaruh tidak langsung secara signifikan kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing serta adanya pengaruh tidak langsung secara signifikan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Maka terdapat pengaruh mediasi/intervening keunggulan bersaing, dimana keunggulan bersaing merupakan variabel mediasi parsial, sehingga untuk meningkatkan kinerja pemasaran secara optimal, maka dapat melalui keunggulan bersaing. Dengan cara meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan usaha, mencari informasi tentang kondisi pasar serta kemampuan menghasilkan produk yang unik. Apabila akan melakukan penelitian mengenai kinerja pemasaran, dapat menggunakan variabel lain seperti orientasi pembelajaran, motivasi kerja, dan modal kerja.

Kata Kunci: Kompetensi Wirausaha, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:02
Last Modified: 09 Sep 2022 08:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8096

Actions (login required)

View Item View Item