Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-TRUST DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION (STUDI PADA PENGGUNA SITUS E-COMMERCE C2C SHOPEE DI KABUPATEN SLEMAN) /44/adbis/2020

Rintasari, Dias and Farida, Naili (2020) PENGARUH E-TRUST DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION (STUDI PADA PENGGUNA SITUS E-COMMERCE C2C SHOPEE DI KABUPATEN SLEMAN) /44/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (759kB)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara e-trust dan e-service quality terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction. Populasinya adalah seluruh konsumen Shopee di Kabupaten Sleman, sedangkan sampelnya adalah 100 konsumen Shopee dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive dan accidental sampling.
Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan softwareSPSS25.0for Windows dan uji mediasi (uji sobel) untuk menguji pengaruh mediasi dari variabel intervening. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-trust dan e-service quality berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap e-satisfaction, dimana ketika bersama-sama e-service quality memiliki pengaruh yang paling besar terhadap e-satisfaction.
Hasil uji mediasi dalam penelitian ini menggunakan sobel test, variabel
e-satisfaction dapat memediasi pengaruh e-trust terhadap e-loyalty secara signifikan dan dapat dikatakan sebagai variabel mediasi penuh (full-mediated), begitu juga dengan variabel e-satisfaction dapat memediasi pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty secara signifikan dan dapat dikatakan sebagai variabel mediasi parsial.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan supaya Shopee dapat memasang iklan yang dapat menarik perhatian konsumennya sehingga e-trust konsumen Shopee bisa meningkat, selain itu Shopee juga perlu menambah narahubung supaya e-service quality Shopee semakin baik, dan yang paling penting adalah peningkatan bandwidth yang akan berdampak pada e-satisfaction.
Kata kunci:E-Trust, E-Service Quality, E-Satisfaction, E-Loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:04
Last Modified: 09 Sep 2022 07:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item