Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI MOBILE KAI ACCESS (Studi Pada Pengguna Aplikasi Mobile KAI Access Semarang) / 31/adbis/2020

Falaahuddin, Ahbarul Aufy and Widiartanto, Widiartanto (2020) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI MOBILE KAI ACCESS (Studi Pada Pengguna Aplikasi Mobile KAI Access Semarang) / 31/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Keamanan
Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Mobile KAI Access

(Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile KAI Access Semarang) ABSTRAKSI
Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel
Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Minat beli. Populasinya adalah seluruh pengguna aplikasi mobile KAI Access yang berdomisili Semarang, sedangkan sampelnya adalah 100 konsumen pelanggan KAI Access dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling.

Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Analisis yang digunakan adalah analisis dua tahap menggunakan program IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25, di mana sebelumnya dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, kemudian uji signifikansi (uji t dan uji F).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan keamanan berpengaruh positif terhadap minat beli, dibuktikan melalui uji regresi linier sederhana dengan nilai regresi yaitu persepsi kegunaan sebesar 0,329, persepsi kemudahan sebesar 0,360 dan keamanan sebesar 0,733. Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan keamanan secara bersama-sama mempengaruhi minat beli sebesar 39,8%. Sedangkan sisanya 60,2% dipengaruhi factor lain.

Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan supaya KAI Access yaitu memperhatikan kestabilan server aplikasi KAI Access agar tidak terjadi error dan gagal transaksi. dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah hackers, menyediakan jaminan informasi data aman, selain itu perlu memfokuskan terhadap promo harga dan diskon agar konsumen tidak beralih menggunakan aplikasi pemesanan tiket lainnya sehingga konsumen timbul berminat untuk membeli di Aplikasi mobile KAI Access.

Kata kunci : Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:31
Last Modified: 09 Sep 2022 06:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8003

Actions (login required)

View Item View Item