Arianti, Mia Eka and Suryoko, Sri (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Sentra IKM Tenun Ikat Troso Kabupaten Jepara) /10/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
Cover.pdf - Published Version Download (890kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (770kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Published Version Download (704kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Published Version Download (197kB) |
Abstract
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR
TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING
(Studi pada Sentra IKM Tenun Ikat Troso Kabupaten Jepara)
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan
dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing. Tipe penelitian yang digunakan
adalah explanatory research. Pengumpulan data menggunakan alat bantu berupa
kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang
digunakan sebanyak 88 responden yang telah dipilih dengan kriteria yang
ditentukan. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan berganda, signifikasi
uji t, dan uji F dengan bantuan program IBM SPSS versi 21.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif orientasi
kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan terdapat pengaruh positif
orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing; sedangkan secara simultan terdapat
pengaruh positif orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keunggulan
bersaing. Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing lebih
besar daripada pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing. Saran
dalam penelitian ini adalah perajin harus meningkatkan keberanian dalam
mengambil keputusan, memanfaatkan peluang pasar yang ada dengan inovasiinovasi
yang baru, memperbanyak referensi dan menciptakan motif-motif yang
berbeda dari para pesaing agar produk memiliki ciri khas tersendiri dan tidak
mudah ditiru oleh pesaing sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing
pada IKM Tenun Ikat Troso.
Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Keunggulan
Bersaing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 01:17 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:32 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7962 |
Actions (login required)
View Item |