Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Produk Wisata, dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berperilaku Melalui Nilai Pelanggan (Studi pada Pengunjung Domestik Candi Ratu Boko Jogjakarta) / 08/adbis/2020

Nuha, Zahrotun Ulin and Farida, Naili (2020) Pengaruh Produk Wisata, dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berperilaku Melalui Nilai Pelanggan (Studi pada Pengunjung Domestik Candi Ratu Boko Jogjakarta) / 08/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover-1.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version

Download (79kB)

Abstract

Pengaruh Produk Wisata, dan Citra Destinasi terhadap Niat Berperilaku
melalui Nilai Pelanggan
(Studi pada Pengunjung Domestik Candi Ratu Boko Jogjakarta)
ABSTRAKSI
Dewasa ini pariwisata tumbuh berkembang menjadi sektor yang paling diminati
untuk dikembangkan di berbagai negara. Meskipun bukan merupakan kebutuhan
primer, berwisata menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat sebagaimana
berolahraga dan kesenian yang memenuhi kebutuhan psikologis seseorang. Sebagai
salah satu destinasi tujuan wisata di Jogjakarta, Candi Ratu Boko menawarkan
wisata menarik yang diharapkan mampu meningkatkan nilai pelanggan yang akan
membentuk niat berperilaku wisatawan.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fluktuatifnya pengunjung Candi Ratu
Boko. Tujuan penelitian adalah menjelaskan pengaruh yang diberikan oleh produk
wisata dan citra destinasi terhadap niat berperilaku melalui nilai pelanggan
pengunjung Candi Ratu Boko. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory
research. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Jumlah
sampel sebanyak 100 responden yang merupakan pengunjung domestic Candi Ratu
Boko, Jogjakarta. Teknik analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji regresi, uji signifikansi (uji
t dan uji F), dan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan alat bantu
software IBM SPSS versi 23.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel produk wisata memiliki
pengaruh sebesar 0,310 terhadap nilai pelanggan. Variabel citra destinasi memiliki
pengaruh sebesar 0,406 terhadap nilai pelanggan. Variabel nilai pelanggan
berpengaruh sebesar 0,404 terhadap niat berperilaku.
Adapun rekomendasi untuk pengelola Candi Ratu Boko diantaranya adalah
menambah jumlah restoran/tempat makan disekitar Candi Ratu Boko, meyediakan
transportasi umum menuju lokasi wisata, melakukan inovasi terhadap tampilan
wisata dan mempertahankan harga yang ditawarkan dengan meningkatkan kualitas
layanan yang ada.

Kata Kunci: Produk Wisata, Citra Destinasi, Nilai Pelanggan, Niat
Berperilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:16
Last Modified: 08 Sep 2022 08:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item