Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AGYA DI NASMOCO KALIGAWE SEMARANG /01/bisnis/2020

Nugraha, Aditya Cahya and Nugraha, Hari Susanta (2020) PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AGYA DI NASMOCO KALIGAWE SEMARANG /01/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AGYA DI NASMOCO
KALIGAWE SEMARANG

ABSTRAK
Saat ini persaingan bisnis otomotif semakin ketat. Nasmoco Kaligawe
Semarang merupakan salah satu dealer resmi Toyota di Indonesia dengan wilayah
pemasaran Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang sampai saat ini telah
bersaing dengan dealer mobil lain di Kota Semarang. Toyota Agya merupakan salah
satu produk Toyota yang dipasarkan Nasmoco Kaligawe di Kota Semarang. Mobil
dengan jenis kendaraan bermotor LCGC (Low Cost Green Car) ini sangat diminati
oleh hampir semua kalangan karena selain ramah lingkungan, Toyota Agya memiliki
harga yang terjangkau. Tetapi terdapat permasalahan dalam penjualan produk ini di
Nasmoco Kaligawe Semarang dalam 2 periode berturut-turut selama tahun 2017
hingga tahun 2018 penjualan Toyota Agya mengalami penurunan. Hal ini disebabkan
harga dan promosi penjualan perusahaan yang masih kurang maksimal dibandingkan
pesaing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dan
promosi penjualan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Agya di Nasmoco Kaligawe Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dimana Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan alat bantu kuesioner dan sample berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden yang dipilih adalah konsumen yang melakukankeputusan pembelian mobil Toyota Agya di Nasmoco Kaligawe Semarang.
Metodologi yang digunakan untuk menganalisis data primer dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linearsederhana, regresi linear berganda, dan uji signifikansi (uji t dan f) dengan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian sebesar 19,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain harga. Promosi Penjualan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian sebesar 20,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain promosi penjualan. Sedangkan, secara simultan harga dan promosi penjualan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 25,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain harga dan promosi penjualan. Artinya semakin baik harga dan promosi penjualan maka semakin tinggi keputusan pembelian
mobil Toyota Agya di Nasmoco Kaligawe Semarang. Selain itu, promosi memiliki pengaruh yang paling besar dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,411.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat memberikan saran agar NasmocoKaligawe Semarang meningkatkan promosi penjualan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap produk dan memberikan harga yang sesuai dengan
nilai produk yang ditawarkan oleh Nasmoco Kaligawe Semarang.
Kata Kunci: Harga, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:58
Last Modified: 08 Sep 2022 02:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7938

Actions (login required)

View Item View Item