Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PASIEN GIGI DAN MULUT DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) (Studi Pada Pasien Umum dan JKN di Klinik PHC Semarang)

Rakhmadhini, Damayanti Diah and Skripsa, Tira Hamdillah and Nugraheni, Arwinda and Prabowo, Yoghi Bagus (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN PASIEN GIGI DAN MULUT DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) (Studi Pada Pasien Umum dan JKN di Klinik PHC Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-COVER-ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
DAMAYANTI DIAH RAKHMADHINI-22010218130035-KTI-DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh secara keseluruhan karena dapat memengaruhi kualitas kehidupan. Tuntutan masyarakat akan pelayanan di bidang keseharan semakin meningkat setiap tahunnya. Untuk mengantisipasi tuntutan masyarakat akan pelayanan di bidang kesehatan maka penyedia pelayanan kesehatan penting untuk mejaga kualitas pelayanan yang diberikan. Menurut Parasuraman dan Zeithaml, konsep kualitas pelayanan adalah menggunakan model Servqual (services qauality) yaitu keandalan, jaminan, bukti fisik, empati, daya tanggap. Bagi pelayanan kesehatan, CSI (customer satisfaction index) dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pasien terhadap kinerja suatu pelayanan. Tarif menjadi peranan penting suatu pelayanan kesehatan. Tarif adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan pasien untuk memperoleh pelayanan.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan tarif dalam meningkatkan kepuasan pasien gigi dan mulut berdasarkan metode CSI pada pasien umum dan JKN di Klinik PHC Semarang. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilakukan jumlah responden 80 dengan dibagi 2 kelompok. Hasil: Didapatkan nilai signifikansi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan tarif diperoleh <0,001. Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang kuat dan positif kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien dan terdapat pengaruh yang sangat kuat dan positif tarif dengan kepuasan pasien.
Kata kunci: Customer Satisfaction Index (CSI), kualitas pelayanan dan tarif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Customer Satisfaction Index (CSI), kualitas pelayanan dan tarif.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:53
Last Modified: 30 Aug 2022 01:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item