Search for collections on Undip Repository

UPAYA PELESTARIAN PENGETAHUAN ARSIPARIS BIDANG SUMBER DAYA AIR DAN MINERAL DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN SEMARANG

Prasiwi, Annisa Nur and Prasetyawan, Yanuar Yoga (2021) UPAYA PELESTARIAN PENGETAHUAN ARSIPARIS BIDANG SUMBER DAYA AIR DAN MINERAL DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA NUR PRASIWI 13040116130040.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menangkap pengetahuan pengelolaan arsip sebagai pelestarian
pengetahuan kearsipan bidang sumber daya air pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten
Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kaji tindak.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, teknik semi terstruktur,
dan analisis data menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kegiatan pelestarian pengetahuan ini bertujuan untuk memberikan solusi atas
permasalahan staf pengelola arsip yang kurang memahami pengetahuan kearsipan, sehingga
penulis membantu memberikan solusi kepada informan untuk mengatasi permasalahan yang
mereka hadapi. Pelestarian pengetahuan dilakukan untuk aktivitas kerja dan peningkatan
kinerja dari kurang baik menjadi lebih baik. Peneliti melakukan tindakan dengan menjaring
ilmu dari para ahli, kemudian dikemas dalam bentuk visualisasi rekaman video pengelolaan
arsip dinamis dari Subbagian Umum Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Semarang. Video
dibuat dengan menangkap pengetahuan manajemen arsip dari staf Subbagian Umum, dan
peneliti melakukan refleksi pengetahuan dengan berdiskusi dengan staf administrasi, kepala
sekretariat umum. Peneliti melakukan refleksi studi pelestarian pengetahuan dengan para ahli
dari staf Subbagian Umum dan staf sumber daya air untuk mentransfer pengetahuan. Tahap
terakhir adalah pelaksanaan preservasi pengetahuan dan refleksi atas pembahasan hasil
observasi yang telah direview. Staf menyerap beberapa pengetahuan untuk melakukan
beberapa tahapan pengelolaan arsip yang dapat diimplementasikan dari video.
This study aims to capture archive management knowledge as a preservation of archival
knowledge in the field of water resources at the Semarang Regency Public Works Service.
This study uses qualitative research methods with an advanced action research. Data
collection techniques were carried out by observation, interviews, semi-structured
techniques, and data analysis using interactive analysis methods. The results of this study
indicate that this knowledge preservation activity aims to provide solutions to the problems
of archive management staff who do not understand archival knowledge, so the authors help
provide solutions to informants to overcome the problems they face. Preservation of
knowledge is carried out for work activities and improves performance from less good to
better. Researchers took action by capturing knowledge from experts, then packaged in the
form of visualization of video recordings of dynamic archive management from the General
Subdivision of the Semarang Regency Public Works Service. The video is made by capturing
archive management knowledge from the General Subdivision staff, and researchers
reflecting on knowledge by discussing with administrative staff, the head of the general
secretariat. Researchers reflect on knowledge preservation studies with experts from the
General Subdivision staff and water resources staff to transfer knowledge. The final stage is
the implementation of knowledge preservation and reflecting on the discussion of the
observations that have been reviewed. Staff absorbs some knowledge to perform several
stages of archive management which can be implemented from video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Mr UPT Perpus Undip
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:17
Last Modified: 15 Aug 2022 03:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item