Search for collections on Undip Repository

PERAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGUNG KIDUL SEMARANG DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SISWA DI MASA PANDEMI

Rofina, Gizcha and Ganggi, Roro Isyawati Permata (2021) PERAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGUNG KIDUL SEMARANG DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SISWA DI MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Skripsi Gizcha Rofina.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (3MB)

Abstract

This study aims to determine the role of Panggung Kidul Semarang Elementary
School teachers in developing student literacy during the pandemic. The method
used in this study is a qualitative research method. The informant selection
technique in this study used purposive sampling. This study took 7 (seven)
informants, consisting of one principal and six class teachers at SDN Panggung
Kidul Semarang. Data collection techniques were carried out using semi�structured interviews and observation. The results of this study indicate that
Panggung Kidul Semarang Elementary School teachers in carrying out literacy
teaching during this pandemic use 2 platforms, namely WhatsApp and Zoom.
Teaching through WhatsApp because it is definitely widely used by all circles and
saves quota. Implementation via Zoom because it is easily accessible and there is
a schedule feature. There are 6 types of literacy taught by teachers during the
pandemic, consisting of reading and writing literacy, numeracy literacy, scientific
literacy, digital literacy, financial literacy, and cultural literacy. Teaching
literacy by SDN Panggung Kidul Semarang teachers has a role in developing
student literacy during the pandemic, namely as facilitators and motivators. The
implementation of literacy teaching carried out by the Class Teacher of SDN
Panggung Kidul Semarang in the role of facilitator is a means that supports
literacy teaching activities, plans for more effective literacy teaching
implementations and provides convenience in providing literacy teaching during
this pandemic so that students follow it well. In addition, the Class Teacher at
SDN Panggung Kidul Semarang is also a motivational generator for students by
providing encouragement, support and motivating students to develop their
literacy skills so that students are able to be well literate.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Sekolah Dasar Panggung
Kidul Semarang dalam mengembangkan literasi siswa di masa pandemi. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik
pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Penelitian ini mengambil 7 (tujuh) orang informan, yang terdiri dari satu orang
Kepala Sekolah dan enam orang Guru Kelas SDN Panggung Kidul Semarang.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi
terstruktur dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru SDN
Panggung Kidul Semarang dalam melaksanakan pengajaran literasi di masa
pandemi ini menggunakan 2 platform yaitu WhatsApp dan Zoom. Pengajaran
literasi melalui WhatsApp karena sudah pasti banyak digunakan oleh semua
kalangan dan menghemat kuota. Pengajaran literasi melalui Zoom karena mudah
diakses dan terdapat fitur jadwal. Terdapat 6 jenis literasi yang diajarkan oleh
guru dimasa pandemi terdiri dari literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi
sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya. Pengajaran literasi oleh
Guru SDN Panggung Kidul Semarang memiliki peran dalam mengembangkan
literasi siswa di masa pandemi yaitu sebagai fasilitator dan motivator. Adapun
pelaksanaan pengajaran literasi yang dilaksanakan oleh Guru Kelas SDN
Panggung Kidul Semarang dalam peran sebagai fasilitator adalah sarana yang
mendukung kegiatan pengajaran literasi, merencanakan pelaksanaan pengajaran
literasi yang lebih efektif serta memberikan kemudahan dalam memberikan
pengajaran literasi di masa pandemi ini agar siswa mengikutinya dengan baik.
Selain itu Guru Kelas SDN Panggung Kidul Semarang juga sebagai alat
pembangkit motivasi (motivator) bagi siswa dengan memberikan dorongan,
dukungan dan memotivasi siswa untuk mengembangkan kemampuan literasinya
agar siswa mampu berliterasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: UPT Perpus4 Undip
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:20
Last Modified: 15 Aug 2022 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7733

Actions (login required)

View Item View Item