Search for collections on Undip Repository

PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA DALAM MENDAPATKAN ARSIP DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

Parwati, Mega and Suharso, Putut (2020) PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA DALAM MENDAPATKAN ARSIP DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Skripsi_Mega Parwati_13040116120004.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku pencarian mahasiswa
di Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dalam mendapatkan arsip
untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengambilan data berupa observasi dan
wawancara. Wawancara dilakukan secara daring yaitu melalui media berupa
WhatsApp. Data yang didapatkan, peneliti analisis menggunakan tematik analisis, dan
melakukan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Uji kredibilitas peneliti
lakukan dengan melakukan triangulasi serta melakukan member check dengan
beberapa informan. Berdasarkan hasil analisis maka didapatkan 4 (Empat) tema,
adapun beberapa tema tersebut diantaranya informasi, alasan memilih Dinas Arpusda,
perilaku pencarian informasi dan kepuasan pelayanan. Adapun kebutuhan informasi
mahasiswa yaitu arsip-arsip tekstual seperti arsip kereta, opium dan lain sebagainya,
sedangkan sumber informasi yang digunakan oleh mahasiswa yaitu Dinas Arsip dan
Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dan untuk sistem temu balik arsip mahasiswa
menggunakan daftar khazanah arsip, naskah sumber arsip dan sistem informasi
kearsipan dinamis yang disediakan oleh dinas Arpusda. Tema kedua yaitu alasan
memilih Dinas Arpusda sebagai sumber informasi, adapun alasan mahasiswa memilih
Dinas Arpusda sebagai sumber informasi dikarenakan pusat informasi tersebut
merupakan salah satu pusat informasi terlengkap yang menyimpan arsip dari berbagai
daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Tema ketiga yaitu tema inti yang
menjawab rumusan permaslahan penelitian yaitu perilaku pencarian informasi
mahasiswa, adapun pola perilaku pencarian informasi mahasiswa dimulai dari latar
belakang munculnya kebutuhan informasi sehingga mahasiswa melakukan
penelusuran referensi, kemudian melakukan penelusuran informasi untuk
mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan setiap mahasiswa, setelah
mendapatakan informasi mahasiswa menyeleksi setiap informasi yang muncul
dengan melihat judul ataupun membaca informasi secara keseluruhan, setelah itu
mahasiswa melakukan uji keabsahan informasi dengan membandingkan informasi
yang didapatkan dengan sumber lainnya, kemudian mahasiswa mengolah informasi
yang didapatkan dan setiap hasil pengolahan disajikan sesuai dengan tugas yang
didapatkan. Kepuasan pelayanan merupakan tema terakhir yaitu untuk melihat
kepuasan pelayanan pengguna dalam artian lain untuk melihat bagaimana respon atau
pendapat pengguna setelah memanfaatkan jasa pelayanan di pusat informasi tersebut,
yaitu sebagai bahan evaluasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna.
This study aims to determine how the search behavior of students in the Archives and
Libraries Service of Central Java Province in obtaining archives to meet their
information needs. Using qualitative research methods with a case study approach
and data collection techniques in the form of observation and interviews. Interviews
were conducted online, namely through the media in the form of WhatsApp. The data
obtained, the analysis researcher uses thematic analysis, and tests the validity of the
data using the credibility test. The researcher's credibility test was done by
triangulating and conducting member checks with several informants. Based on the
results of the analysis, there are 4 (four) themes, while some of these themes include
information, reasons for choosing the Arpusda Office, information seeking behavior
and service satisfaction. As for student information needs, namely textual archives
such as train archives, opium and so on, while the source of information used by
students is the Archives and Libraries Office of Central Java Province and for
student archive retrieval systems using a list of archives, archive source manuscripts
and systems. dynamic archival information provided by the Arpusda office. The
second theme is the reason for choosing the Arpusda Office as a source of
information, while the reason for students choosing the Arpusda Office as a source of
information is because the information center is one of the most complete information
centers that stores archives from various regions in Central Java Province. The third
theme is the core theme that answers the formulation of research problems, namely
student information seeking behavior, while the student information search behavior
pattern starts from the background of the emergence of information needs so that
students carry out reference searches, then search information to get information
according to the needs of each student, after getting information students select any
information that appears by looking at the title or reading the information as a
whole, after that students test the validity of the information by comparing the
information obtained with other sources, then students process the information
obtained and each processing result is presented in accordance with the assignment
obtained. Service satisfaction is the last theme, namely to see user service satisfaction
in another sense to see how the response or user opinion after utilizing services at the
information center, namely as an evaluation material to continue to improve services
to users.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: UPT Perpus2 Undip
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:41
Last Modified: 04 Jan 2024 06:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item