Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS KONTEN EDUKATIF KANAL YOUTUBE SEBAGAI SUMBER INFORMASI DIGITAL MAHASISWA SELAMA MASA STUDI DI FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Maulidhia, Rahmi and Dewi, Athanasia Octaviani Puspita (2022) EFEKTIVITAS KONTEN EDUKATIF KANAL YOUTUBE SEBAGAI SUMBER INFORMASI DIGITAL MAHASISWA SELAMA MASA STUDI DI FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Rahmi Maulidhia_awal.pdf

Download (800kB)
[img] Text
Rahmi Maulidhia_Bab I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Rahmi Maulidhia_Bab II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Rahmi Maulidhia_Bab III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
Rahmi Maulidhia_Bab IV.pdf

Download (397kB)
[img] Text
Rahmi Maulidhia_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
Rahmi Maulidhia_Bab VI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Rahmi Maulidhia_Fullteks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas konten edukatif kanal YouTube sebagai
sumber informasi digital mahasiswa selama masa studi di Fakultas Ilmu Budaya
Univesitas Diponegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan
mengetahui seberapa efektif konten edukatif kanal YouTube sebagai sumber
informasi digital berdasarkan rata-rata jawaban pengguna. Teori yang digunakan
untuk mengukur variabel bebas konten edukatif kanal YouTube adalah Model
Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (2003) yang terdiri dari
indikator kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan,
kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Adapun untuk mengukur variabel terikat
sumber informasi digital menggunakan Teori Kebutuhan Informasi Pengguna
Guha (1978) yang terdiri dari indikator current need approach, everyday need
approach, exhaustic need approach, dan catching-up need approach. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif.
Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif S-1 Fakultas Ilmu Budaya
Univesitas Diponegoro angkatan 2016-2019 sejumlah 2.474. Sampel sebanyak
341 responden yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin dan
proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
membagikan kuesioner online kepada 341 responden. Penelitian ini menggunakan
teknik analisis koefisien korelasi pearson product-moment. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05
sehingga Ha pada penelitian ini diterima yang artinya terdapat efektivitas pada
konten edukatif kanal YouTube dengan sumber informasi digital. Hasil efektivitas
konten edukatif kanal YouTube sebagai sumber informasi digital memperoleh
hasil cukup sukses dengan persentase sebesar 62,76%. Hasil koefisien korelasi
sebesar 0,573 menunjukkan pengaruh dan arah dari kedua variabel yang bernilai
positif moderat. Hasil korelasi yang berada pada kategori hubungan positif
moderat berarti hubungan antara kedua variabel adalah positif moderat, signifikan,
dan searah sehingga ketika nilai variabel efektivitas konten edukatif kanal
YouTube tinggi, nilai variabel kebutuhan informasi pengguna akan meningkat
pula.
This thesis discused about the effectiveness of Youtube channel educational
content as a digital information sources for students during period of study at
Faculty of Humanity in Diponegoro University. The purpose of this study is to
measure and determine the effectiveness of Youtube channel eduacational content
as a digital information sources based on respondents answers. The theory used
to measure the effectiveness of Youtube channel educational content is theory of
DeLone and McLean IS Success Model (2003) which consists indicators of system
quality, information quality, service quality, usage, user satisfaction, and net
benefits. While to measure digital information source used theory of user
information needs Guha (1978) which consists indicators of current need
approach, everyday need approach, exhaustic need approach, and catching-up
need approach. The research method used in this study is descriptive quantitative
research. The population in this study were all active bachelor students in Faculty
of Humanity in Diponegoro Univesity Batch 2016-2019. Determination 341
sample in this study using Slovin formula and proportionate stratified random
sampling. Collected data by distributing google form questionnare to 341
respondens. This research using pearson product-moment correlation coefficient
analysis technique. The results of significance is equal 0,000 which means the
results of the significance are smaller than 0,05 that indicate Ha was accepted that
present the results have an effectiveness of YouTube channel education content as
a digital information source. The results of effectiveness Youtube channel
educational content as a digital information source is said to be quite successful
with a percentage of 62,76%. The result of correlation coefficient between
channel Youtube educational content and digital information source is equal to
0,573 which indicate moderate positive impact and direction from two
variable.The results of correlation with moderate positive means that the
relationship between two variables is positive, moderate, significant, and
unidirectional. Therefore, when the variable value of Youtube channel
educational contet is high, the value of digital information sources variable will
also increase.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: UPT Perpus2 Undip
Date Deposited: 11 Aug 2022 09:17
Last Modified: 11 Apr 2023 02:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7550

Actions (login required)

View Item View Item