Search for collections on Undip Repository

Hubungan Efikasi Diri dengan Adaptabilitas Karier Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu Universitas Diponegoro

Zulaikhah, Dewi and Widodo, Prasetyo Budi (2022) Hubungan Efikasi Diri dengan Adaptabilitas Karier Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Abstrak_Dewi Zulaikhah_Psikologi.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan adaptabilitas karier mahasiswa pekerja paruh waktu Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan partisipan yang memiliki kriteria yaitu mahasiswa aktif S1 Universitas Diponegoro, mahasiswa yang bekerja paruh waktu, baik laki-laki maupun perempuan, dan berusia 17-25 tahun. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis yang berbentuk kuesioner yaitu General Self-Efficacy Scale (GSES) (10 aitem, α = 0,860) dan Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) (24 aitem, α = 0,935). Sampel penelitian berjumlah 284 mahasiswa pekerja paruh waktu Universitas Diponegoro. Berdasarkan analisis non parametrik yaitu Spearman’s Rho menunjukkan koefisien korelasi (rho) sebesar 0,616 dengan signifikansi yaitu sebesar 0,000 (p<0,05) maka terdapat hubungan dengan arah positif yang signifikan antara variabel efikasi diri dengan adaptabilitas karier. Sehingga makin tinggi efikasi diri yang dimiliki maka makin tinggi adaptabilitas karier. Sebaliknya, makin rendah efikasi diri yang dimiliki maka makin rendah adaptabilitas karier.
Kata kunci : efikasi diri; adaptabilitas karier; mahasiswa; pekerja paruh waktu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:41
Last Modified: 18 Jan 2024 03:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7200

Actions (login required)

View Item View Item