Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Efikasi Diri dengan Self-Directed Learning Readiness pada Siswa Kelas XI SMAN 14 Semarang

Rochmah, Niken Filliani and Rusmawati, Diana (2022) Hubungan antara Efikasi Diri dengan Self-Directed Learning Readiness pada Siswa Kelas XI SMAN 14 Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Niken Filliani Rochmah_15000118120016_Repository.pdf

Download (71kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah guna mengetahui dan mendapat sebuah bukti empiris mengenai hubungan antara efikasi diri dengan self-directed learning readiness pada siswa kelas XI SMAN 14 Semarang. Self-directed learning readiness yaitu kemampuan atau kecakapan individu dalam mengambil suatu inisiatif dalam pembelajaran serta kesediaan individu dalam belajar dengan mandiri baik dengan atau tanpa pihak lain pada proses pembelajaran. Efikasi diri yaitu penilaian terhadap kepercayaan atau keyakinan diri individu ketika menyelesaikan atau menuntaskan tugas dengan tingkat kesulitan tugas yang ditemui atau dilalui dari berbagai kondisi serta individu berusaha untuk dapat menyelesaikan tugas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 322 siswa dengan sampel penelitian sebesar 178 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah terdaftar sebagai siswa SMAN 14 Semarang, siswa aktif kelas XI, dan memiliki usia 15-18 tahun. Penelitian ini menggunakan alat ukur yaitu Skala Efikasi Diri (33 aitem; α= 0,914) dan Skala SDLR (28 aitem; α =0,891). Analisis data dengan analisis regresi sederhana didapatkan 0,723 dengan p=0,001 (p<0,05) diketahui terdapat korelasi positif antara efikasi diri dengan SDLR. Artinya, semakin tinggi efikasi diri maka SDLR semakin tinggi pula. Efikasi diri memberikan Efikasi diri memberikan sumbangan efektif sebanyak 52,3% pada SDLR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:15
Last Modified: 05 Jan 2024 08:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item