Febriantama, Ryan Nailufar and Indrawati, Endang Sri (2022) Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Penyesuaian Akademik Pada Siswa Kelas X MAN Insan Cendekia Pekalongan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Ryan Nailufar Febriantama_15000118140205_Ringkasan Skripsi.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penyesuaian akademik merupakan usaha yang siswa lakukan guna menghadapi tuntutan akademik agar dapat meraih kepuasan terhadap prestasi akademik. Pola asuh otoriter merupakan model parenting yang diterapkan orang tua dengan membatasi, memberi hukuman, dan juga anak dipaksa mengikuti arahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara pola asuh otoriter dengan penyesuaian akademik pada siswa kelas X MAN Insan Cendekia Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 95 orang. Teknik pengambilan sampel didalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Pola Asuh Otoriter (29 aitem, α=0.916) dan Skala Penyesuaian Akademik (32 aitem, α=0.911). Hasil analisis regresi sederhana menunjukan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan penyesuaian akademik dapat diterima (rxy= -0.266; p<=0.05). Semakin tinggi pola asuh otoriter yang dirasakan individu, maka semakin rendah penyesuaian akademik dan sebaliknya. Pola asuh otoriter memberikan sumbangan efektif sebesar 7,1% terhadap penyesuaian akademik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:47 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:47 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6535 |
Actions (login required)
View Item |