Search for collections on Undip Repository

TANGGUNG JAWAB PT. ANAMETRI METROLOGI INDONESIA DALAM HAL TERJADI KESALAHAN UJI KALIBRASI PADA ALAT UKUR YANG MENIMBULKAN KERUGIAN KONSUMEN. 036 DG 2022

HENDRAWAN, TASYA SALSABILA and Prananingtyas, Paramita and Prasetyo, Agung Basuki (2022) TANGGUNG JAWAB PT. ANAMETRI METROLOGI INDONESIA DALAM HAL TERJADI KESALAHAN UJI KALIBRASI PADA ALAT UKUR YANG MENIMBULKAN KERUGIAN KONSUMEN. 036 DG 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Uji kalibrasi merupakan serangkaian pengujian untuk menentukan kebenaran nilai dari
suatu alat ukur dengan membandingkan standar ukur yang sesuai dengan standar nasional
maupun internasional, suatu alat ukur jika belum melakukan uji kalibrasi maka estimasi hasil
pengukuran tersebut dinyatakan masih mengandung keragu-raguan. Keragu-raguan tersebut
dapat dikatakan sebagai ketidakpastian pengukuran dan untuk menghindari ketidakpastian
pengukuran tersebut maka diadakanlah uji kalibrasi sebagai suatu upaya untuk menentukan
kebenaran nilai konvensional dari suatu alat ukur. Kesalahan uji kalibrasi tentunya berdampak
pada kerugian konsumen sehingga perlu adanya wujud perlindungan konsumen bagi individu
ataupun perusahaan yang melakukan uji kalibrasi. Hasil pengukuran dari uji kalibrasi yang
tidak konsisten, selain menurunkan mutu hasil pengukuran dari suatu alat ukur, tetapi juga
dapat membahayakan kesan perusahaan uji kalibrasi di mata konsumen. Metode Penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif empiris dimana penelitian ini
menggabungkan unsur hukum normatif yang kemudian didukung oleh penambahan data
melalui unsur empiris.
PT Anametri Metrologi Indonesia sebagai laboratorium kalibrasi mempunyai tanggung
jawab untuk melakukan uji kalibrasi alat ukur yang sesuai dengan standar yang ada dan juga
menjadi dasar perlindungan konsumen. Proses dan tanggung jawab dari PT. Anametri
Metrologi Indonesia dalam hal terjadi kesalahan uji kalibrasi yang menimbulkan kerugian
konsumen dilakukan dengan prinsip perusahaan “one day solve one problem” dimana prinsip
tersebut mempunyai arti yaitu dalam satu hari harus ada satu masalah pengaduan konsumen
yang diselesaikan oleh PT. Anametri Metrologi Indonesia, maka dari itu biasanya penyelesaian
keluhan dan pengaduan konsumen di PT. Anametri Metrologi Indonesia diselesaikan dalam 1-
3 hari kerja saja. Bentuk perlindungan konsumen tidak semata-mata hanya dipenuhi oleh PT.
Anametri Metrologi Indonesia sebagai pelaku usaha saja, tetapi konsumen juga harus
melindungi dirinya sendiri dengan peningkatan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian untuk
mengetahui seperti apa perlindungan konsumen yang seharusnya didapatkan jika melakukan
Uji Kalibrasi, sebagai Laboratorium Uji Kalibrasi, PT. Anametri Metrologi Indonesia
hendaknya meningkatkan pelayanan dan keamanan dalam seluruh rangkaian proses Uji
Kalibrasi.
Kata Kunci : Metrologi, Uji Kalibrasi, Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:32
Last Modified: 13 Jun 2022 04:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/6408

Actions (login required)

View Item View Item